EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI MI ROUDHOTUL HUDA DESA SUKOHARJO KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO

HAKIM, MUHAMMAD LUTFIE (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI MI ROUDHOTUL HUDA DESA SUKOHARJO KECAMATAN KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MUHAMMAD LUTFIE HAKIM.pdf] Text
2009_MUHAMMAD LUTFIE HAKIM.pdf

Download (23MB)

Abstract

Setelah penulis melakukan penelitian, serta pemahaman terhadap materi, metode, dan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam materi PAI di MI Raudhatul Huda Sukoharjo Sugihwaras Bojonegoro tahun ajaran 2008/2009, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: KTSP merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Guna tercapainya kompetensi tersebut dalam KTSP, menggunakan pendekatan yang kita kenal dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dan juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, guru dituntut untuk membuktikan keprofesionalannya, mereka dituntut untuk dapat menyusun dan membuat rencana pembelajaran yang berdasarkan kemampuan dasar apa yang dapat digali dan dikembangkan oleh peserta didik. Guru harus mampu mengejawantahkan potensi diri dan bakat peserta didik sehingga mampu mencari dan menemukan ilmu pengetahuannya sendiri. Tugas guru bukan mencurahkan atau menyuapi peserta didik dengan ilmu pengatahuan, tetapi mereka hanya sebagai motivator, mediator dan fasilitator pendidikan. Pada dasarnya, guru harus mampu memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mencari, membangun, membentuk serta mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 May 2023 02:42
Last Modified: 08 May 2023 02:45
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HASAN, KARNO
NIDN0000000000
Thesis advisor
SALAMUN, MOH.
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item
View Item