KONSEP PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI ZAMAN PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA

ALBAAB, MOHAMAD ULIL (2009) KONSEP PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI ZAMAN PENJAJAHAN SAMPAI KEMERDEKAAN INDONESIA. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MOHAMAD ULIL AL BAAB (1).pdf] Text
2009_MOHAMAD ULIL AL BAAB (1).pdf

Download (27MB)

Abstract

Berdasarkan hasil kajian pustaka mengenai masalah pendidikan yang ada di Indonesia dari waktu ke waktu, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Pendidikan yang ada di Indonesia adalah hasil dari berbagai kalangan penjajah. Pendidikan sebelum datangnya penjajah hanyalah merupakan pendidikan yang sangat sederhana yang diadakan oleh agama Hindu-Buddha, sedangkan pendidikan yang menggunakan sistem pengajaran dimulai pada saat datangnya para kalangan penjajah di Negara Indonesia ini. 2. Perubahan-perubahan sistem pendidikan yang sangat sering dilakukan pada zaman penjajahan sangat buruk dan berkualitas rendah, sehingga masyarakat Indonesia tidak mampu untuk maju seperti masyarakat negara lain. 3. Proses-proses perubahan menuju Indonesia merdeka merupakan hal yang sangat sulit, karena dalam masa penjajahan tidak hanya kekayaan alam dan penduduknya saja yang dijajah, tetapi pendidikan juga menjadi objek jajahan mereka. Dengan mendirikan gedung-gedung persekolahan, para penjajah memberikan pengajaran kepada anak didik yang isinya hanya untuk kepentingan pemerintahan mereka sendiri. 4. Pada masa penjajahan Indonesia sangat sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dengan sulitnya mendapatkan pendidikan, masyarakat menyekolahkan anak-anaknya dengan fasilitas seadanya. 5. Peran pesantren pada waktu itu sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan ilmu pendidikan. 6. Jalannya pendidikan yang ada di Indonesia ini melalui beberapa tahap yang sangat sulit dan membutuhkan perjuangan yang sangat keras. Dalam perjuangannya tidak hanya menggunakan akal pikiran atau tenaganya saja, tetapi nyawapun menjadi taruhan untuk memperjuangkan pendidikan. 7. Perkembangan pendidikan di Indonesia baru berkembang setelah adanya perbanyakan gedung-gedung sekolah dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi yang diadakan di berbagai wilayah kota dan wilayah pedesaan. 8. Dari beberapa kesimpulan di atas dapat kita lihat alangkah sulitnya mewujudkan Indonesia merdeka secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: konsep pendidikan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 May 2023 02:17
Last Modified: 08 May 2023 02:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUGENG, SUGENG
NIDN0000000000
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item
View Item