PENGARUH PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SMP ISLAM BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2008-2009

KHAFIDZIN, MOCH. (2009) PENGARUH PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SMP ISLAM BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2008-2009. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MOCH. KHAFIDZIN.pdf] Text
2009_MOCH. KHAFIDZIN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di bidang Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Bojonegoro tahun pelajaran 2008-2009, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Bahwa profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam tergolong cukup baik, hal ini terbukti dari hasil observasi terhadap 3 guru pendidikan agama Islam, sebagai responden dan didukung dengan hasil angket tentang profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam yang diberikan kepada para siswa yang menunjukkan hasil yang tinggi. Bahwa prestasi belajar siswa yang berupa kepribadian muslim di SMP Islam Bojonegoro tahun pelajaran 2008-2009 cukup baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi penelitian yang telah peneliti lakukan selama penelitian dan didukung dengan hasil angket siswa yang menunjukkan kepribadian muslim yang tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data tentang profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dan kepribadian muslim siswa di SMP Islam Bojonegoro tahun pelajaran 2008-2009, menunjukkan adanya pengaruh antara profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dengan kepribadian muslim siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis bahwa hasil perhitungan r = 0,577 lebih besar dari pada harga kritiknya yaitu 5% = 0,329, dan 1% = 0,424. Jadi, dalam hipotesis nihil yang berbunyi tidak ada pengaruh antara Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam terhadap kepribadian muslim siswa ditolak dan hipotesis kerja yang berbunyi ada pengaruh antara Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam terhadap kepribadian muslim siswa diterima. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan dari profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam, dapat dilihat dari r = 0,577 yang dikonsultasikan dengan kriteria tabel interpretasi nilai "r" product moment, r = 0,530 berada antara 0,400-0,600, hal ini memperlihatkan pengaruh atau hubungan yang cukup berarti.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: profesionalitas guru
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:32
Last Modified: 17 Apr 2023 02:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUGENG, SUGENG
NIDN0000000000
Thesis advisor
AFFANDI, CHAFIDZ
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item
View Item