STUDI KORELASI INTENSITAS MEMBACA BUKU BAHASA ARAB DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI ALIYAH AL ROSYID DESA NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO

MUFIQ, MOCH (2009) STUDI KORELASI INTENSITAS MEMBACA BUKU BAHASA ARAB DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI ALIYAH AL ROSYID DESA NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MOCH MUFIQ.pdf] Text
2009_MOCH MUFIQ.pdf

Download (23MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, buku sangat tepat sebagai salah satu sarana pendidikan. Dan buku sebagai sarana komunikasi, bukan sebagai bagian integral dalam suatu pendidikan, tetapi merupakan salah satu kunci untuk melepaskan diri dari dominasi teknologi dan ilmu pengetahuan negara-negara maju. Dalam kaitan ini, perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi yang bukan hanya secara fisik mengumpulkan, mengatur, menyusun dan menyediakan buku serta ruang baca, tetapi juga merupakan pusat komunikasi dan informasi bagi siswa, guru, dan masyarakat. Pengetahuan tentang ibadah merupakan hal yang penting bagi umat Islam, maka setiap pendidik formal haruslah memasukkan pengetahuan agama ke dalam kurikulum sebagai bidang pendidikan agama Islam. Dalam mempelajari agama Islam, maka tidak bisa lepas dari mempelajari bahasa asalnya, yaitu Bahasa Arab. Istilah-istilah dalam pelajaran agama atau fiqh acapkali menggunakan Bahasa Arab. Perpustakaan sekolah selain sebagai sumber bacaan yang merupakan bagian integral dalam proses belajar mengajar, juga sebagai upaya peningkatan kualitas dan sumber daya siswa serta sebagai informasi edukatif bagi para siswa. Untuk mengetahui adanya tidaknya korelasi antara membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro, maka dilakukan analisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara intensitas membaca buku Bahasa Arab di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar Bahasa Arab, diperoleh r observasi (r0) adalah 0,468, sedangkan taraf signifikan 5% dan 1% pada tabel nilai r product moment atau r tabel (r1) dengan df atau db sebesar 35 adalah 0,334 dan 0,430. Oleh karena itu, nilai rxy hasil penelitian adalah lebih besar dari nilai r product moment baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini berarti terdapat korelasi antara intensitas membaca buku Bahasa Arab di perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al Rosyid Ngumpakdalem Dander Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: itensitas membaca, bahasa arab
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:25
Last Modified: 17 Apr 2023 02:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUGENG, SUGENG
NIDN0000000000
Thesis advisor
AFFANDI, CHAFIDZ
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item
View Item