EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MI ISLAMIYAH PESEN KECAMATAN KANOR BOJONEGORO

MARWIYAH, MARWIYAH (2009) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MI ISLAMIYAH PESEN KECAMATAN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_MARWIYAH.pdf] Text
2009_MARWIYAH.pdf

Download (32MB)

Abstract

Persoalan pendidikan bukan masalah yang sederhana, melainkan sebuah system yang melibatkan banyak komponen yang terkadang, antara komponen satu dengan lainya tidak saling mendukung. Padahal seharusnya komponen - komponen itu saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai suatu sistem, pendidikan dapat pula kita gambarkan dengan sederhana, yaitu: input - proses - output. Inputnya adalah iswa, prosesnya berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah, dan outputnya adalah lulusan. Untuk: menghasilkan output yang berkualitas, tentu diperluk:an input dan proses yang berkualitas juga Proses pendidikan di madrasah terkait dengan banyak komponen diantaranya ah kualitas SDM (guru), sarana, model pembelajaran, evaluasi, kurikulum, dan udaya akademik dalam lembaga pendidikan tersebut. yaitu pada efektivitas penggunaan pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran Fiqih di MI Islamiyah Pesen Kecamatan Kanor Kahupaten Bojonegoro, dengan menggunakan metode lihrary (kajian perpustakaan) dan field (kajian lapangan). Adapun untuk penelitian lapangan ini populasinya adalah sejumlah siswa MI Islamiyah Pesen Kecamatan kanor Kabupaten Bojonegoro berjumlah 138 siswa dan sampelnya 20 siswa. Setelah diadakan penelitian analisis statistic korelasi Product moment maka taraf signifikansi, yaitu r = 0,296. Sedangkan taraf signifikan menurut ketentuan tabel statitik korelasi product moment dengan respondent 77 yaitu: 1 % = 0,227 dan taraf signifikansi 5 % = 0,296, dengan demikian dapat terlihat bawasanya terdapat pengaruh yang cukup tinggi antara variabel xdan variabel y. Dengan demikian maka Penggunaan Model pembelajaran Picture and Picture cukup efektif dalan, meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada siswa MI Islamiyah Pesen Kecamatan Kanor Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran picture and picture, fiqih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:23
Last Modified: 15 Apr 2023 02:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MUNIB, MOH.
NIDN0000000000
Thesis advisor
MASJKUR, M.
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item
View Item