PENGARUH METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEBERHASILAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ AL-HUSNA MALO

KUSLAENI, KUSLAENI (2009) PENGARUH METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP KEBERHASILAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ AL-HUSNA MALO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_KUSLAENI.pdf] Text
2009_KUSLAENI.pdf

Download (35MB)

Abstract

Seiring dengan semakin pesatnya pembangunan dan semakin banyak tuntutan zaman, anak-anak pada zaman sekarang berhadpan dengan berbagai perubahan yang pesat di bidang sosial, politik, ilmu pengetahuan, pendidikan, teknologi, industri dan sikap prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan hal tersebut anak-anak perlu dibekali ilmu pengetahuan dan pendidikan agama Islam yang mantap yang bersumber pada al-Qur'an dan al-Hadits Al-Qur'an adalah kitab suci, yang berfungsi, sebagai pedoman hidup manusia yang beriman kepada Allah SWT Islam sebagai ajaran yang sempurna dan merupakan rahmat bagi seluruh alam merupakan solusi, yang tepat yang menjadi landasan berpikir, bersikap dan berperilaku. Hal ini berati ajaran Islam menjadi landasan yang mewadahi kecerdasan-kererdasan lainnya termasuk dalam menstimulasu, berbagru aspek perkembangan anak. Mengantisipasi berbagai permasalahan tersebut dtatas lalu timbul suatu pemikiran bagaimana membekali anak dengan keimanan dan ketaqwaan yang kuat sejak dini sebelum mereka memasuki jenjang sekolah menengah pertama. Lebih dari itu mempersiapkan mereka menjadi generasi yang mencintai terhadap kitab suci agamanya yang merupakan pedoman dan tuntunan kehidupannya dalam segala hal. Karena penanaman kecintaan terhadap AI-Qur'an dan setkaligus juga kemampuan membacanya dengan baik dan benar adalah merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, maka perlu dicarikan suatu metode yang bisa mempermudah dan mempercepat anak agar supaya mampu membaca AI-Our'an dengan baik dan benar Dan metode adalah menggunakan metode An-Nahdliyah, dengan metode ini anak-anak mampu mengetahu1, mempelajari dan mengamalkan makhroj huruf dan sifat-sifat huruf hijaiyah secara fasih dan benar. Maka berdasarkan permasalahan di atas penulis tertarik untuk rnengadakan penelitian dengan Judul "Pengaruh Metode An-Nahdliyah terhadap Keberhasilan Santri dalam Membaca AI-Qur'an di TPQ Al-Husna Malo" Dan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya Pertama Bagaimana metode An-Nahdliyah di TPQ AI-Husna Malo? Kedua Bagaimana keberhasilan santri dalam membaca Al-Qur'an di TPQ AI-Husna Malo? Ketiga Adakah pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap keberhasilan santri datam membaca Al-Qur'an di TPQ AI-Husna Malo? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitiannya adalah: Pertama, untuk mengetahui metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Husna Malang. Kedua, untuk mengetahui keberhasilan santri dalam membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Husna Malang. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh metode An-Nahdliyah terhadap keberhasilan santri dalam membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Husna Malang. Dan hasil analisis dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil sebesar 0,294. Hasil ini lebih besar bila dibandingkan dengan nilai r dalam tabel product moment baik pada taraf signifikansi 5% (0,279) maupun taraf signifikansi 1% (0,355). Karena nilai koefisien korelasi (r) lebih besar dari nilai koefisien korelasi tabel (rt), maka hipotesa alternatifnya diterima. Dengan demikian, dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengajaran metode An-Nahdliyah terhadap keberhasilan santri dalam membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Husna Malang. Karena hasil penghitungan peneliti (0,294) lebih besar dari nilai "r" tabel product moment 5% (0,279) dan 1% (0,355), maka secara umum, kesimpulannya dapat "diterima".

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: metode an-nahdliyah, keberhasilan membaca
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:42
Last Modified: 12 Apr 2023 06:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KASIJAN, KASIJAN
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, AGUS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item
View Item