PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs BAITUL MUTTAQIN DI KEDUNGADEM BOJONEGORO

RAHMAWATI, INDAH (2008) PENGARUH SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MTs BAITUL MUTTAQIN DI KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_INDAH RAHMAWATI.pdf] Text
2009_INDAH RAHMAWATI.pdf

Download (30MB)

Abstract

Adapun yang dimaksud dengan judul skripsi tersebut di atas adalah sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan dari adanya pengaruh supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan MTs Baitul Muttaqin di Kedungadem, Bojonegoro. Dari judul di atas, terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independent variable) yakni supervisi pendidikan, dan variabel terikat (dependent variable), yakni peningkatan mutu pendidikan. Selanjutnya, dalam pembahasan judul tersebut di atas, penulis berangkat dari beberapa rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimanakah supervisi pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Kedungadem, Bojonegoro? Bagaimanakah peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Bojonegoro? Adakah pengaruh supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Kedungadem, Bojonegoro? Sejauh mana supervisi pendidikan dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Kedungadem, Bojonegoro? Kemudian, sebagai jawaban sementara dari perumusan masalah tersebut di atas, penulis mengemukakan rumusan hipotesis, artinya dugaan sementara yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan. Adapun rumusan hipotesis tersebut adalah: Ha: Bahwa adanya pengaruh supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Kedungadem, Bojonegoro. Ho: Bahwa tidak ada pengaruh supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin, Kedungadem, Bojonegoro. Kemudian, untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah di atas, diperlukan metode baik secara teoritis maupun empiris. Adapun secara teoritis, metode yang digunakan adalah sebagai berikut: Metode Induktif: Artinya, suatu cara berpikir yang berangkat dari suatu kasus khusus, fenomena-fenomena, pendapat-pendapat yang khusus, dan kemudian dari pendapat dan fenomena yang khusus ditarik suatu generalisasi yang bersifat umum. Metode Deduktif: Suatu cara berpikir yang berangkat dari suatu dalil yang berpikir umum yang kemudian diaplikasikan pada suatu peristiwa-peristiwa yang bersifat khusus. Sedangkan, secara empiris, metode yang penulis gunakan adalah sebagai berikut: Metode Observasi: Metode ini peneliti pergunakan untuk memperoleh data tentang situasi dan kondisi umum MTs Baitul Muttaqin di Kedungadem Bojonegoro, juga dipergunakan untuk memperoleh data dari informan sebagai objek penelitian/responden. Metode Interview: Metode ini dipergunakan peneliti untuk memperoleh data yang bersumber dari para guru, yaitu mengenai usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan dan kendala-kendala yang terjadi dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin di Kedungadem Bojonegoro. Metode Dokumentasi: Metode ini dipergunakan peneliti untuk memperoleh data yang menyangkut sejarah berdirinya sekolah, keadaan guru, keadaan siswa, struktur organisasi sekolah, dan catatan kepala sekolah tentang kegiatan supervisi. Metode Questioner: Metode ini dipergunakan peneliti untuk memperoleh data tentang kegiatan supervisi pendidikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin Kedungadem Bojonegoro. Dengan cara menyebarkan angket pada responden, dimana dari pertanyaan tersebut setelah tersedia jawaban sehingga responden tinggal menulis salah satu dari alternatif jawaban yang dianggap benar. Selanjutnya untuk menganalisa data dari angket tersebut, penulis pergunakan teknik analisa statistik dengan rumus korelasi yang sekaligus untuk menjawab dari rumusan hipotesis tersebut di atas. Untuk menjawab hipotesis-hipotesis yang telah diajukan, maka dari hasil perhitungan dengan teknik analisa statistik dengan rumus korelasi dapat diketahui bahwa "r" dari hasil observasi dapat diketahui sebesar = 0,997. Sehingga apabila nilai "r" observasi tersebut dikonsultasikan dengan "r" tabel (rt) pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,666 dan taraf signifikansi 1% = 0,798. Dengan demikian, maka "r" tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%. Dengan demikian, maka dapat dikatakan supervisi pendidikan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Baitul Muttaqin Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: peningkatkan mutu pendidikan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:58
Last Modified: 12 Apr 2023 02:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KASIJAN, Z.
NIDN0000000000
Thesis advisor
SALAMUN, MOH.
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item
View Item