EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BIDANG STUDY AGAMA DI MI MAFATIHUL HUDA DESA KEDUNGDOWO KECAMATAN SUGIHWARAS

SUBKHI, IMAM (2009) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BIDANG STUDY AGAMA DI MI MAFATIHUL HUDA DESA KEDUNGDOWO KECAMATAN SUGIHWARAS. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_IMAM SUBKHI.pdf] Text
2009_IMAM SUBKHI.pdf

Download (35MB)

Abstract

Salah satu dari tugas guru adalah memberikan pengajaran kepada anak didik. Karena itu, selain memberikan kecakapan dan pengetahuan kepada anak didik, guru juga diharuskan untuk mengembangkan pribadi mereka. Semua ini hanya dapat diperoleh melalui proses belajar. Oleh karena itu, guru dalam proses belajar mengajar hendaknya menggunakan pendekatan, cara, atau metode tertentu dengan memperhatikan tingkat perkembangan anak didik. Melihat hal ini, dapat dikatakan bahwa guru menempati tempat yang sangat penting, mulai dari perencanaan pembelajaran sampai pada pelaksanaan pembelajaran dan proses evaluasi. Semua tanggung jawab ini terletak pada guru, yang merancangnya. Meskipun masih banyak faktor lain yang dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, sarana, model pembelajaran, evaluasi, kurikulum, dan budaya akademik dalam lembaga pendidikan sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Hal ini mengilhami penulis untuk melakukan penelitian terkait dengan efektivitas pembelajaran tematik dalam mencapai keberhasilan pembelajaran bidang Studi Agama di MI Mafatihul Huda Kedungdowo, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro. Untuk penelitian lapangan ini, populasinya adalah sejumlah siswa MI Mafatthul Huda Kedungdowo, Kecamatan Sugihwaras, yang berjumlah 83 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis statistik korelasi Product Moment, diperoleh taraf signifikansi sebesar r = 0,582. Sementara itu, taraf signifikansi menurut tabel statistik korelasi Product Moment dengan responden 83 adalah 1% = 0,278 dan 5% = 0,213. Dengan demikian, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh yang cukup tinggi antara variabel x dan variabel y. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran tematik cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bidang Studi Agama di MI Mafatihul Huda Kedungdowo, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran tematik
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:44
Last Modified: 12 Apr 2023 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HASAN, KARNO
NIDN0000000000
Thesis advisor
HUDA, AGUS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item
View Item