AFIFA, NURUL (2019) PENGARUH KEGIATAN MONTASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) NURUL ULUM BULU KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (106kB)
ABSTRAK.pdf
Download (162kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (437kB)
BAB I.pdf
Download (399kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (149kB)
Abstract
Bahwa pendidikan anak usia dini adalah upaya pendidikan dalam memfasilitasi perkembangan dan belajar anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun melalui pengalaman dan stimulasi yang bersifat mengembangkan, terpadu, dan menyeluruh sehingga anak dapat tumbuh kembang secara sehat dan optimal sesuai dengan norma yang ada. Diantara beberapa perkembangan yang penting bagi anak adalah fisik motorik. Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu faktor perkembangan individu secara keseluruhan, karena pertumbuhan dan perkembangan fisik terjadi dari bayi hingga dewasa.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di RA Nurul Ulum Bulu Sugihwaras terhadap anak usia 4-5 tahun, lingkup perkembangan motorik halus anak sebagian besar belum berkembang secara optimal.Hasil hal tersebut diperkuat hasil dari wawancara dengan guru kelas kelompok A dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan ketrampilan motorik halus, anak kelompok A di RA Nurul Ulum Bulu Sugihwaras menunjukkan hasil yang belum berkembang secara optimal, seperti dalam kegiatan mewarnai banyak anak-anak yang masih keluar garis sehingga hasilnya terlihat kurang rapi.
Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak guru dapat menyusun kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Salah satu kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi anak adalah kegiatan montase karena dengan kegiatan montase anak dapat mengungkapkan kegembiraanya dalam bermain kreatif.
Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh montase terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A di RA Nurul Ulum Bulu. Sampel yang digunakan penelitian ini 15 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi metode penelitian ini bersifat Pre-Eksperimental yang menggunakan jenis One Grup Pritest-Posttes. Analisis data menggunakan tebel tunggal dan tebel silang serta analisis uji hipotesis menggunakan Sign Wilcoxon dapat diketahui bahwa nilai Asymp 0,001. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa Asymp Sig< 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditilak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh perkembangan motorik halus yang signifikan antra sebelum dan sesudah penggunaan montase
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Nurul Ulum Bulu |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 15:48 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 15:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fithriyana, Eshthih UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/242 |