PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA-SISWI MA ISLAMIYAH JATISARI SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ROFl'AH, AZIZATUR (2009) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA-SISWI MA ISLAMIYAH JATISARI SENORI TUBAN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_AZIZATUR ROFI'AH.pdf] Text
2009_AZIZATUR ROFI'AH.pdf

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA Islamiyah Jatisari Senori Tuban. Karena keterbatasan waktu maka peneliti hanya mengambil data yang diperlukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cooperative learning di MA Islamiyah Jatisari, untuk mengetahui pembentukan sikap tanggung jawab siswasiswi MA Islamiyah Jatisari, serta untuk mengetahui pengaruh cooperative learning terhadap pernbentukan sikap tanggung jawab siswa-siswi MA Islarniyah Jatisari Senori Tuban tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data. Dan untulc menganalisis data, penulis menggunakan teknik korelasi product moment. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh para pakar pendidikan, cooperative learning mempunyai pengeluaran-pengeluaran yang positif Selain meningkatkan kemampuan akademik, cooperative learning juga melatih siswa untuk mampu berkolaborasi dengan teman-temannya dalam belajar, menumbuhkan sikap demokratis, mampu bersosialisasi, memupuk sikap tanggung jawab dan lain sebagainya. Dua unsur pembelajaran kooperatif yang mempunyai pengaruh besar terhadap pencapaian belajar siswa adalah unsur tujuan kelompok dan tanggung jawab individu, tujuan kelompok bisa memotivasi siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena keberhasilan tim hanya akan dicapai apabila masingmasing individu anggota tim benar-benar menguasai materi pelajaran. Adanya tujuan kelompok ini juga mendorong siswa bersikap tanggung jawab, selain siswa harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dalam menguasai pelajaran, siswa juga bertanggung jawab terhadap keberhasilan teman anggota timnya dalam menguasai materi pelajaran. Siswa juga harus bertanggung jawab menjaga kekompakan tim, menjalin hubungan yang baik serta bertanggung jawab terhadap waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas. Tujuan akhir pendidikan Islam adalah terwujudnya kepribadian muslim. Adapun salah satu aspek kepribadian tersebut adalah adanya sikap tanggung jawab juga. Ada banyak cara yang dilakukan oleh para pendidik untuk menanamkan sikap tanggung jawab pada anak didik, antara lain dengan memfungsikan peraturan sekolah, pengajaran langsung, keteladanan, pengaplikasian model pembelajaran tertentu dan sebagainya. Banyaknya aspek tanggung jawab dalam cooperative learn;ng mengindikasikan bahwa model cooperative learning bisa menjadi salah satu alternatif untuk membentuk sikap tanggung jawab siswa. Guru bisa memilih diantara sekian metode-metode kooperatif untuk diaplikasikan sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Skor hasil analisis yang penulis dapatkan adalah 0,742. Tabet interpretasi nilai r product moment menyatakan bahwa nilai r pada rentang 0,601 - 0,800 adalah kuat. Hal ini berarti pengaruh cooperative learning terhadap pembentukan sikap tanggung jawab siswa-siswi MA Islamiyah Jatisari Senori Tuban adalah kuat. Dengan demikian, cooperative learning bisa membantu pembentukan sikap tanggung jawab siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, sikap tanggung jawab
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:17
Last Modified: 06 Apr 2023 03:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BADARUDDIN, BADARUDDIN
NIDN0000000000
Thesis advisor
AFFANDI, CHAFIDZ
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item
View Item