PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN SISWA DI MA ABU - DZARRIN KENDALDANDERBOJONEGORO

KHOLIS, AHMAD IMAM (2009) PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN SISWA DI MA ABU - DZARRIN KENDALDANDERBOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_AHMAD IMAM KHOLIS.pdf] Text
2009_AHMAD IMAM KHOLIS.pdf

Download (30MB)

Abstract

Pendidikan merupakan masalah yang penting dalam kehidupan manusia dengan melalui proses pendidikan yang diharapkan dapat melahirkan pribadi - pribadi utama yang dapat mentaati norma-nonna agama, norma hukum negara,dan nonna adat yang ber laku setempat Untuk mewujudkan insan-insan, yang kuat pada nonna - nonna tersebut. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri, berderajat tinggi menurut ukuran Allah dan isi pendidikannya adalah mewujudkan tujuan itu, yaitu ajaran Allah. Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa pendidikan adalah merupakan satar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keplibadial, keceldasan, akhlak mutia, serta ketrampilan yang dipertukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pembangunan Indonesia adalah pembangunan manusia lndoliesia seutuhnya, hal ini harus keseibangan antara pembangunan mateliil dan spirituil. Oalam mencapai keseimbangan tersebut sudah tentu dipertukan adanya pembangunan di segala bidang dan salah satunya yang sangat dibutuhkan adalah bidang pendidikan Islam yang merupakan usaha pembinaan l(eaJamaan suatu bangsa, sebab pendidikan Islam merupakan faktor yang sangat penting yang ilwt menentukan aktifitas keagamaan--keagamaan secara aktif dengan iklas karena AUah. Mengingat akhir - akhir ini semakin banyak tingkah laku siswa - siswi yang tidak sesuai dengan nonna - nonna Agama Islam. Sedangkan kita tahu bahwa adalah usia harapan penerus peljuangan bangsa yang sekaligus aset pembangunan bangsa baik dimasa kinni maupun dimasa yang akan datang. Oleh karena itu siswa - siswi pertu dibina dan diarahkan pcKla agama yang positif agar kelak menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani, berbudi pekeri luhur, sehingga nantinya dapat. menjadi insan pembangunan yang mantap dan bertanggung jawab. Oengan berpijak dari pentingnya pendidikan islam yang dapat meningkatkan aktivitas keagamaan siswa, sehingga penulis merasa hat ini perlu dipecahkan dan dibahas serta diteliti, pada akhimya penulis tetapkan bahwa masalah "Penga,uh Pendidilcan Islam terlJadap Aktivitas Keagamaan Siswa lfA Abu-Dzatrin Kendal Dander BojonegoroH diangkat sebagai topik pembahasan dalam skripsi ini. Dari latar befaka,g diatas, maka rumusan masalahnya Perlama: Bagaimanakah pendidikan islam di MA Abu-Ozarrin Kendal Dander 8ojonegoro ? Kedua: Bagaimanakah aktifitas keagamaan siswa di MA Abu-Ozarrin Kendal Dander Bojonegoro ? Ketiga : Adakah pengaruh pendidikan Islam terhaiap aktifitas keagamaan siswa di MA Abu-Ozarrin Kendal Dander Bojonegoro ? Berdasar1ran rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitiannya ooalah Pertama : Untuk mengetahui pendidikan Islam di MA Abu-Dzarrin Kendal Dander Bojonegoro. Kedua : Untuk mengetahui aktifitas keagamaan siswa di MA Abu-Dzarrin Kendal Dander Bojonegoro. Ketiga: Mengetahui Ada tidaknya pengaruh pendidikan Islam terhadap aktifitas keagamaan siswa di MA Abu-Ozarrin Kendal Dander Bojonegoro. Dari hasH analisa dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil sebesar 0,876. hasil ini lebih besar bila dibandingan dengan nffai r dalam table product moment baik pada taraf signifikasi 5 % (0,361) maupun taraf signifikansi 1% (0,436). Karena ro lebih besar dari rt, dengan demikian hipotesa altematifny diterima Dengan demikian dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara . • pendidikan Islam terhooap aktifitas keagamaan siswa di MA Abu-Ozarrin Kendal Dander Bojonegoro•. Karena hasil penghitungM penefiti (0,876) lebih besar dari nilai .,... tabel product moment 5% (0,361) dan 1% (0,436) secara umum ·ditenma·.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan, keagamaan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:59
Last Modified: 06 Apr 2023 02:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HASAN, KARNO
NIDN0000000000
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item
View Item