STUDI TENTANG PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN AL-QUR' AN HADITS DI MTs ALGHOZALIYAH DESA RAYUNG KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN

AGUSWANTO, AGUSWANTO (2009) STUDI TENTANG PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN AL-QUR' AN HADITS DI MTs ALGHOZALIYAH DESA RAYUNG KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_AGUSWANTO.pdf] Text
2009_AGUSWANTO.pdf

Download (43MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu program pemerintah yang dutamakan, karena merupakan suatu yang sangat penting dan tidak dipisahkan dengan kehidupan keluarga, masyarakat, keluarga, bangsa dan negara Dalam meningkatkan mutu pendidikan selalu bertumpu pada tuJuan pendidikan-Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang membantu peserta didik untuk mengasah, mengenal, mempelaJan, memahami, menyadan, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang disepakati dan berguna bagi peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa Dengan demikian hasil belaJar siswa mencerminkan pencapaian tujuan pend1idikan yang diharapkan Keberhasilan pendidikan tidak hanya bertumpu pada para pendidik saJa, melainkan memerlukan perhatian khusus Tentang Latar Belakang Pendidikan siswa, maka penelitian ini beramksud menguji apakah ada Pengaruh Latar Belakang Pendidikan siswa Terhadap Prestasi Mata PelaJaran Al-Qur'an Hadits di MTs Al-Ghozahyah Rayung Senon Tuban Hipotesis yang diaJukan penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara Latar Belakang Pendidikan siswa Terhadap Presetasi siswa MTs Al-Ghozahyah Rayung Senon Tuban Untuk mengetahut ada pengaruh dan tidaknya latar belakang tersebut, maka d1kumpulkan data Tentang Latar Belanag Beakang Pendidikan siswa dan nilai hasil prestasi siswa MTs Al-Ghozahyah Rayung Senon Tuban Populasi penelitian ini adalah semua siswa MTs Al-ghozahyah rayung senon tuban Sampel diambil sebanyak 25 % dan semua siswa yang ada, Adapun teknik pengamb1lan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik Stratified proportional random sampling Stratified artinya sampel yang diambil merupakan wakil dan semua tingkat Y akn1 sampel diambil dan kelas VII, VIII dan TXProportzonal artinya sampel yang diambil dan masig-masing tingkatan kelas tersebut Jumlahnya seimbang atau sebanding dengan banyaknya subJek dalam masmg-masmg strata Adapun sampelnya adalah, kelas VII = 10, kelasVIII = 9, kelas = 8 IX, sehmggaJumlah seluruh sampelnya adalah 27 s1swa yang dipakai untuk menguji / menganalisis data Pendekatan dan Jerns penelitian yang digunakan adalah pendekatan koleras1 product moment Penehtarnn m1 akan menjawab hipotesis, "Ada pengaruh latar belakang pend1d1kan s1swa terhadap prestas1 mata pelaJaran Al-Qur'an Had1ts" Kes1mpulan hasil akhu dan penenhtlan m1 adalah berdasarkan has1l perh1tungan untuk membukt1kan h1potes1s penenht1an, bahwa ada pengaruh latar belakang pend1d1kan s1swa terhadap prestas1 mata pelaJaran Al-Qur'an Had1ts d1 MTs Al-Ghozahyah Rayung Senon Tuban, karena pnnt out komputer menunJukkan bahwa dan 27 responden yang terdapat dalam tabel mla1 r product moment maka bilangan yang ada adalah 0,381 dan 0,487 mlai r didasarkan atas signifikan 5 % dan signifikanl % yang d1cocokkan dan d1peroleh Sedang dan has1l perh1tungan r, kerJa yang d1peroleh adalah 0,838 dan has1l perh1tungan tersebut menunJukkan bahwa r yang terdapat dalam tabel product moment leb1h kectl dan pada r kerJa yang d1tenma Jad1 ro > rt konsekuesmya (Ha) d1tenma dan (Ho) d1tolak Berdasarkan kes1mpulan d1 atas, latar belakang pend1d1kan s1swa ternyata ada pengaruh yang tinggi, baik dan pend1d1kan formal, yaitu MI, SD, maupun nonformal, ya1tu Pondok Pesantren, MADIN, dan TPA

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:51
Last Modified: 06 Apr 2023 02:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MUNIB, MOH.
NIDN0000000000
Thesis advisor
SYAIFUDDIN, M.
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item
View Item