PENGARUH DISIPLIN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA MTs MIFTAHUL ULUM SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO

GHOFUR, ACHMAD (2009) PENGARUH DISIPLIN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA MTs MIFTAHUL ULUM SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_ACHMAD GHOFUR.pdf] Text
2009_ACHMAD GHOFUR.pdf

Download (30MB)

Abstract

Keluarga merupakan satu kesatuan hidup {sistem sosial), dan keluarga menyediakan situasi belajar. Sebagai satu kesatuan hidup bersama {sistem sosial) dan menyediakan situasi belajar, keluarga juga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima oleh anak adafah di dalam keluarga. Bahwa dalam pendidikan dikenal adanya tiga lembaga pendidikan sebagai tempat ber1angsungnya proses pendidikan yang dikenal dengan istilah trilogi pendidikan. Masingmasing lembaga tersebut adalah keluarga, masyarakat dan sekolah. Ketiga lembaga tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dalam arti ketiganya harus saling bekerjasama untuk mencapai keberhasilan manusia sebab masafah pendidikan itu sendiri sama sekafi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Baik kehidupan keluarga, bangsa dan negara. Maju mundumya bangsa itu, karena eksistensi dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk memberikan wama kearah perubahan yang lebih dinamis dan maju dalam segala aspek kehidupan manusia fenomena diatas seiring dengan tujuan pendidikan nasionaf. Dengan demikian maka pendidikan yang dilakukan di lingkungan keluarga dan ' lingkungan masyarakat sangat besar pengaruhnya tefhadap kebefhasilan pendidikan yang dilakukan disekolah <. {pendidikan formal). Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar harus ada faktor yang memperkuat atau penggerak yang mendorong untuk mencapai kaberhasilan dafam hal ini orang tua mernpunyai peranan penting dan bertanggung jawab untuk membimbing, memotivasi dan-,mengarahkan agar anak aktif melakukan kegiatan befajar. Dengan berpijak dari pentingnya disiplin-disiplin keluarga yang dapat menentukan keberhasilan befajar dan meningkatkan prestasi befajar siswa, sehingga penulis merasa hal ini perlu dipecahkan dan dibahas serta diteliti, pada akhimya penulis tetapkan bahwa masalah "Pengaruh Disiplin Keluarga terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa MTs Miftahul Ulum Sitiajl Sukosewu Bojonegoron diangkat sebagai topik pembahasan dalam skripsi ini. Dari latar befakang diatas, maka rumusan masalahnya Pertama: Bagaimanakah disiplin keluarga siswa di MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro ?Kedua: Bagaimanakah prestasi befajar aqidah akhlaq siswa MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro ? Ketiga : Adakah pengaruh disiplin keluarga terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq siswa MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro? Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitiannya adalah Pertama : Untuk mengetahui disiplin keluarga siswa di MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro. Kedua : Untuk mengetahui prestasi befajar aqidah akhlaq siswa MTs Miftahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro. Ketiga: Mengetahui Ada tidaknya pengaruh disiplin keluarga terhadap prestasi befajar aqidah akhlaq siswa MT s M"lffahul Ulum Sitiaji Kee. Sukosewu Kab. Bojonegoro. Dari hasil analisa dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil sebesar 0,655. hasil ini lebih besar bila dibandingan dengan nilai r dalam table '· product moment baik pada taraf signifikasi 5 % (0,361) maupun taraf signifikansi 1% (0,436). Karena ro lebih besar dari rt, dengan demikian hipotesa altematifny diterima. Dengan demikian dapat diperoleh suatu kesimpul~ bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin keluarga terhadap prestasi befajar aqidah akhlaq siswa MTs Miftahul Ulum Sitiaji Sukosewu Bojonegoro.". Karena hasil penghitungan peneftti (0,655) lebtll besar dari nilai ·r" label product moment 5% (0,361) dan 1% (0,436) secara umum •diterima".

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: disiplin, akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:41
Last Modified: 06 Apr 2023 02:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HASAN, KARNO
NIDN0000000000
Thesis advisor
YUSUF, ANAS
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item
View Item