PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN TAMBAHREJO KECMATAN BLORA KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

MUHID, ABDUL (2009) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN TAMBAHREJO KECMATAN BLORA KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_ABDUL MUHID.pdf] Text
2009_ABDUL MUHID.pdf

Download (31MB)

Abstract

Pendidikan agama mempunyai peran yang cukup penting dalam rangka membentuk kepribadian anak melalui pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah. Karena dengan pemahaman agama yang memadai, siswa akan mampu mengendalikan dirinya dalam bertindak dan berkelakuan baik di sekolah maupun di tengah masyarakat. Suatu realitas yang dijumpai Shan-han di kelas ketika berlangsung proses belajar mengajar, nampak sebagian siswa belum belajar sewaktu guru mengajar. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain guru belum mampu memberdayakan siswa secara optimal, serta kurang disiplinnya siswa dalam proses belajar mengajar. Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku. Sedangkan kesadaran adalah sikap seseorang yang secara suka rela menaati semua peraturan dan sadar akan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Anak Dalam Proses Belajar Mengajar di SDN Tambakrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2008/2009. Rumusan masalah ini adalah adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Anak Dalam Proses Belajar Mengajar di SDN Tambakrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2008/2009. Dan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa SD Tambakrejo Blora Tahun Pelajaran 2007/2008, yang ditunjukkan oleh perhitungan korelasi produk moment sebesar 0.61999022744099, yang lebih besar daripada r tabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. (2) Besarnya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan siswa SD Tambakrejo sebesar 38,44%, sedangkan sisanya 100% - 38,44% = 61,56% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:40
Last Modified: 06 Apr 2023 04:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MUNIB, MOH.
NIDN0000000000
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item
View Item