PENGARUH AKHLAQ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO

GHOFUR, ABDUL (2009) PENGARUH AKHLAQ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of 2009_ABDUL GHOFUR.pdf] Text
2009_ABDUL GHOFUR.pdf

Download (40MB)

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia sangatlah penting, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat dan bangsa. Sebab jatuh-bangun, jaya-hancur, sejahtera-sengsara suatu bangsa, tergantung kepada bagaimana akhlak masyarakat dan bangsanya. Oleh karena itu, manusia sebagai khalifah memikul beban tanggung jawab yang besar di hadapan Allah, terutama dalam memperbaiki akhlak.Akhlak adalah suatu sifat yang telah meresap dalam jiwa dan menjadi kebiasaan. Dan secara spontan, berbagai macam perbuatan bisa timbul tanpa dibuat-buat dan tanpa memerlukan pikiran. Akhlak sangat menentukan kesuksesan seseorang, karena akhlak dapat mendorong untuk tetap berusaha semaksimal mungkin dan tidak mudah putus asa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh akhlak terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik program SPSS 14.0. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode sampel kuota, dan sampelnya adalah siswa kelas VII sebanyak 38 siswa. Variabel terikat adalah prestasi belajar, sedangkan variabel bebas adalah akhlak.Adapun data akhlak diperoleh melalui penyebaran angket dengan bentuk tertutup, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari rata-rata raport semester 1 kelas VII. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa akhlak siswa tergolong sedang, yaitu 23 siswa dengan prosentase 60,53%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa ditemukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa kelas VII semester 1 tergolong sedang, yaitu 18 siswa dengan prosentase 47,4%.Dalam analisis data menggunakan program analisis statistik SPSS 14.0, diperoleh hasil angka 0,924. Jika dikonsultasikan dengan tabel r, angka 0,924 menunjukkan nilai 0,800 sampai dengan 1,00. Artinya, hasil ini memiliki interpretasi yang tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara akhlak terhadap prestasi belajar siswa.Dengan demikian, hipotesa yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima, yaitu "ada pengaruh akhlak terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: akhlak
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:32
Last Modified: 06 Apr 2023 04:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HASAN, KARNO
NIDN0000000000
Thesis advisor
AFFANDI, M. CHAFIDZ
NIDN0000000000
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item
View Item