Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hard Skills dan Soft Skill Siswa pada Mata Pelajaran PAI Sekolah

Isroani, Farida (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hard Skills dan Soft Skill Siswa pada Mata Pelajaran PAI Sekolah. Journal of Education and Management Studies, 5 (3). pp. 1-8. ISSN e-ISSN: 2654-5209

[thumbnail of 683-Article Text-1659-1-10-20220607.pdf] Text
683-Article Text-1659-1-10-20220607.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of peer reviewer.pdf] Text
peer reviewer.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of saintifik (2).pdf] Text
saintifik (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan tekonlogi berkembang dengan pesat. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Terdapat tiga kekuatan besar yang mempengaruhi perkembangan seseorang diantaranya masyarakat madani, negara-bangsa, dan globalisasi. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi saintific approach dalam upaya untuk meningkatkan hard skills dan soft skilss siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah (MA). Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya implementasi pendekatan saintifik diharapkan mampu mensingkatkan hard skills dan soft skills siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Hard Skills dan Soft Skilss
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:34
Last Modified: 23 Feb 2023 07:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Isroani, Farida
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2368

Actions (login required)

View Item
View Item