Isroani, Farida (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hard Skills dan Soft Skill Siswa pada Mata Pelajaran PAI Sekolah. Journal of Education and Management Studies, 5 (3). pp. 1-8. ISSN e-ISSN: 2654-5209
683-Article Text-1659-1-10-20220607.pdf
Download (763kB)
peer reviewer.pdf
Download (409kB)
saintifik (2).pdf
Download (1MB)
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan tekonlogi berkembang dengan pesat. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Terdapat tiga kekuatan besar yang mempengaruhi perkembangan seseorang diantaranya masyarakat madani, negara-bangsa, dan globalisasi. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi saintific approach dalam upaya untuk meningkatkan hard skills dan soft skilss siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah (MA). Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya implementasi pendekatan saintifik diharapkan mampu mensingkatkan hard skills dan soft skills siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendekatan Saintifik, Hard Skills dan Soft Skilss |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Isroani, Farida NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2368 |