Kusna, Siti Labiba (2022) Penggunaan Media Batu Berwarna untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1). ISSN 2797-8974
6. 21% Siti Labiba Kusna_Media Batu....pdf
Download (2MB)
6. Artikel_Media Batu....pdf
Download (177kB)
6. Peer Review_Media Batu....pdf
Download (143kB)
Abstract
Media batu berwarna dapat dimanfaatkan sebagai pilihan untuk menunjang sudut peningkatan kognitif anak. Dalam penelitian ini, peneliti memusatkan perhatian pada media batu berwarna untuk memperkuat perkembangan kognitif anak, khususnya penyajian warna, perkiraan, dan bentuk benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media bermain batu berwarna terhadap perkembangan kognitif pada anak 3-4 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di KB. An Nur Kanor, Bojonegoro. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 anak di KB An Nur Kanor Bojonegoro. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel, sign wicoxon, dan analisis uji non parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh batu berwarna terhadap perkembangan kognitif anak 3-4 tahun sebelum diberi aktivitas bermain media batu berwarna dan sesudah diberi aktivitas bermain media batu berwarna
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif; Media Batu Berwarna; Anak Usia 3-4 Tahun |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Jan 2023 07:43 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 02:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Kusna, Siti Labiba NIDN2120018702 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2361 |