IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO

Rohman, Cholilur and Anisah, Giati IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO. JEC : Journal of Education an Conceling, 3 (1). ISSN 2620 - 4797 (p) 2654-7910 (e)

[thumbnail of 3 artikel implementasi metode jibril genap 2020 2021.pdf] Text
3 artikel implementasi metode jibril genap 2020 2021.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 3 cek plagiasi IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO.pdf] Text
3 cek plagiasi IMPLEMENTASI METODE JIBRIL MODEL AT-TARTIL BERBASIS KOMPETENSI MENYIMAK DAN MEMBACA DI MTS DARUL HUDA SUGIHWARAS BOJONEGORO.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 peer review 3.pdf] Text
3 peer review 3.pdf

Download (949kB)

Abstract

Metode Jibril adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya. Secara metodologis, Nabi Muhammad SAW mengajarkan Al-Qur’an kepada para sahabat seperti halnya ketika beliau menerima dari malaikat Jibril. Model At-Tartil adalah suatu panduan dalam belajar membaca AlQur’an yang langsung (tanpa di eja) dan memasukkan atau mempraktikkan pembisaaan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ulumut tajwid dan ulumul ghorib. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Lokasi penelitian berada di MTs Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro. Data diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan acuan dari teori Miles dan Hubberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan pengujian credibility dengan metode triangulasi (sumber dan teknik), dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) Perencanaan dalam metode Jibril Model At-Tartil meliputi doa pembuka yang dibaca bersama-sama dengan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran metode Jibril Model At-Tartil kepada siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran metode Jibril model At-Tartil meliputi dua tahapan pembelajaran yaitu inti dan penutup. Dalam tahapan inti terdiri dari Talqin dan Ittiba’ (penjelasan materi), Urdloh klasikal dengan alat peraga At-Tartil, Urdloh klasikal dengan buku pegangan siswa At-Tartil, dan Urdloh individu. Sedangkan dalam tahapan penutup terdiri dari pemberian arahan oleh guru kepada siswa secara individual dan doa penutup yang dibaca secara bersama-sama. 3) Hasil proses pembelajaran metode Jibril model At-Tartil di MTs Darul Huda Sugihwaras memuaskan. 4) Kemampuan membaca Al Qur’an siswa terhitung berkembang pesat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode Jibril, kompetensi menyimak dan membaca
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 24 Dec 2022 07:55
Last Modified: 24 Dec 2022 07:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Author
Anisah, Giati
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item
View Item