A’yun, Qurrotu (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KISAH ISLAMI MELALUI PERMAINAN EDUKATIF SMART HAFIDZ PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDLATUL ATHFAL (RA) HIDAYATUL ATHFAL DESA KALIREJO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (342kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (502kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (381kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan
adalah berbahasa. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan banyak
orang untuk bisa berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi yang
paling efektif. Salah satu nya dengan mengembangkan kemampuan memahami
kisah islami, Salah satu permainan edukatif yang bisa digunakan untuk
mengembangkan kemampuan memahami yaitu permainan edukatif smart hafidz.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
memahami melalui permainan edukatif smart hafidz pada anak usia 4-5 tahun di
RA Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
siswa RA Hidayatul Athfal Desa Kalirejo Kecamatan Bojonegoro. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa RA B-1 dengan jumlah siswa 10 sebagai kelas
eksperimen dan kelas RA B-2 dengan jumlah siswa 10 sebagai sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi dan tes lisan kemampuan bercerita. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik statistik dengan uji t dan dilakukan analisis uji prasyarat dengan uji
Lilliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas serta uji t untuk
uji keseimbangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan
edukatif smart hafidz menjadikan kemampuan memahami kisah islami anak usia
4-5 tahun mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari lebih besarnya hitung t
daripada tabel t yaitu 2,409 > 2,228. Selain itu, juga dapat dilihat dari kemampuan
awal kemampuan memahami yaitu 57,78% termasuk ke dalam krtiteria kurang
baik, dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 83,33% yang termasuk
dalam kriteria baik. Peningkatan kemampuan memahami anak meningkat melalui
permainan edukatif smart hafidz. Selain itu, karakter anak sebelum menggunakan
permainan edukatif smart hafidz kurang bisa dalam kemampuan pemahaman
sedangkan setelah menggunakan permainan edukatif smart hafidz memiliki
kemampaun pemahaman dengan baik dan lancar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Memahami Kisah Islami, Permainan Edukatif Smart Hafidz |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Nov 2021 20:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2021 20:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Utsman, Ahmad Farid UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/233 |