MUNTAMAH, SITI (2019) PENGENALAN ANGKA ANAK MELALUI MEDIA BALOK WARNA DI RAUDHATUL ATHFALNURUL UMMAH KENEP BALEN KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (133kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (156kB)
BAB I.pdf
Download (210kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB) | Request a copy
Abstract
Mengenal anak dan dunianya secara mendalam selalu menjadi hal yang
menarik dan . Anak-anak merupakan bagian dalam kehidupan kita. Anak adalah
subyek didik dalam pendidikan RA, artinya sebagai pelaku utama dalam
pendidikan itu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipelaksanaan PengenalanAngka
anak melalui media balok, untuk mengetahuifaktor pendukung dan penghambat,
untuk mengetahui upaya pengenalanAngka anak melalui media balok warna di
RA Nurul Ummah Kenep Balen Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa
data meliputi metode induksi dan analisis deskriptif/interpretatif, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan penelitian dilakukan dengan
cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PengenalanAngka anak melalui
media balok warna di RA Nurul Ummah Kenep Balen Kabupaten Bojonegoro
dilakukan dua kali dalam sepekan dengan PengenalanAngka melalui media balok
warna, dan bagi guru lebih mudah untuk memahamkan kepada anak didik
TentangAngka. (2)Faktor pendukungnya adalah adanya program yang telah
menjadi kegiatan wajib yang ditetapkan oleh pihak sekolah sebagai salah satu
mata pelajaran berhitung yang dijadwalkan dua kali dalam seminggu, adanya
dukungan dari pihak sekolah untuk menyediakan sarana pembelajaran edukatif
berupa balok warna, adanya kemampuan guru aktif dan kreatif dalam
menggunakan sarana media, dan adanya tempat dan suasana belajar bagi anak
yangaman, nyaman, dan menyenangkan, sedang faktor penghambatnya adalah
siswa yang masih belum bisa membedakan warna balok, keterlambatan siswa
ketika masuk, siswa yang masih sulit dalam menghafalAngka Dan Jumlah dengan
media balok warna, tidak adanya media kartu angka yang dapat menjelaskan dari
media balok warna.(3) Upaya pengenalanAngka anak melalui media balok
warna yang perlu dilakukan adalah: adanya persiapan yang matang bagi guru
sebelum melakukan pembelajaran, baik administrasi pembelajaran, persiapan
mengajar, dan media pembelajaran terutama dalam berhitung dengan
menggunakan media balok warna, danya media pendamping dari media balok
warna sebagaimana yang dicontohkan oleh George Cruissenaire yaitu berupa
“kartu angka bilangan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan Angka, Anak, Media Balok Warna |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Nov 2021 20:01 |
Last Modified: | 21 Nov 2021 20:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ni’mah, Roudlotun UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/231 |