IMPLEMENTASI METODE TANDUR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMK SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO

SARI, NOFIA AFRIKA (2020) IMPLEMENTASI METODE TANDUR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI SMK SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy

Abstract

Metode dalam pembelajaran merupakan salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menuju perbaikan dalam proses penyampaian materi di kelas. Implementasi Metode tandur Pendidikan Agama Islam ialah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana pembelajaran yang menggunakan metode tandur (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) dalam proses belajar pengajar dalam menkaji ilmu di bidang Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan metode tandur dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sabilul Muttaqin Margoagung – Sumberrejo – Bojonegoro, dengan sub focus mencakup: (1) Perencanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan kelas dalam pembelajaran, (3) dan langkah –langkah implementasi metode tandur dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduktasi data, penyajian data,penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, metode dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti dapat menemukan beberapa fakta mengenai penerapan metode tandur yang sesuai dengan materi yang diajarkan, dan memberikan contoh yang baik kepada siswa dengan menanamkan sikap yang baik untuk meningkatkan perubahan tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan pembelajaran dalam pelaksanaan penerapan metode Tandur dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) guru memiliki wawasan dan inovasi untuk mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran di kelas dan siswa lebih aktif serta faham apa yang telah disampaikan oleh guru, serta memotivasi minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Tandur, Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:29
Last Modified: 18 Nov 2022 02:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item
View Item