ULFIANA, ULFIANA (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN “ MORNING RELIGION TIME “ PADA ANAK USIA DINI DI RA AL – I’ANAH DESA BENDO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (68kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (694kB)
BAB I.pdf
Download (461kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (230kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa anak usia dini yang rata-rata berumur 3-6 tahun . Dalam menerima pendidikan agama islam harus menggunakan metode yang tepat. Dalam penerapan Pendidikan agama islam guru mengajarkan tentang mengaji, menghafalkan asmaul husna, surat- surat pendek, menghafalkan hadist- hadist pendek,doa sehari-hari serta pembelajaran yang berlangsung terdapat materi menulis huruf hijaiyah, mendongeng tentang cerita ke Nabian, serta materi sholat, wudhu, dan haji. Penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini yang tepat dan sesuai pada sasaran yang telah ditentukan dalam perencanaan pembelajaran sebelumnya dapat dilakukan dengan baik dan efektif agar dapat diterima baik oleh siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakan perencanaan dalam penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di RA Al – I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro?, 2. Bagaimanakah implementasi pendidikan berbasis agama islam melalui kegiatan morning religion time pada anak usia dini di RA Al – I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan dalam penerapan oendidikan agama islam pada anak usia dini di RA Al – I‟anah. 2. Untuk mengetahui implementasi pendidikan berbasis agama islam melalui kegiatan morning religion time pada anak usia dini di RA Al – I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian: (1) pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: deskriptif, (2) lokasi penelitian: RA Al- I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, (3) kehadiran penelitui: peneliti hadir ke lokasi RA Al- I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, (4) sumber data: informan terdiri dari tenaga pengajar atau guru di RA Al- I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, place: perlengkapan yang menunjang belajar mengajar di RA Al- I‟anah Desa Bendo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, paper: dokumentasi berupa dokumen atau arsip-arsip lainnya, (5) metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, (6) analisis dengan pendekatan kualitatif, pengolahan data dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. (7) pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: (1) perencanaan penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di RA l – I‟anah yang meliputi: penyusunan prota, prosem, RKH,RKM, persiapan yang dilakukan oleh guru dan murid. (2) metode yang digunakan dalam penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di RA Al – I‟anah yang meliputi: metode unjuk kerja, metode berceita, metode demonstrasi. (3) pelaksanaan penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di RA Al – I‟anah yang menggunakan pembiasaan sebelum memulai pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, morning religion time |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 21:46 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 21:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor UTSMAN, AHMAD FARID UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/226 |