PENGARUH HAFALAN DALAM MENJALANKAN AJARAN ISLAM OLEH SISWA DI MTs. MUSTHOFAWIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

ROZAQ, ABD. (2009) PENGARUH HAFALAN DALAM MENJALANKAN AJARAN ISLAM OLEH SISWA DI MTs. MUSTHOFAWIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 2009_ABD. ROZAQ.pdf] Text
2009_ABD. ROZAQ.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ajaran Islam mengajarkan kepada umat manusia untuk selalu mengabdi dan beribadat kepada sang Kholiq, karena salah satu dari tujuan Allah menciptakan manusia kedunia selain sebagai Kholifah juga untuk beribadah sebagaimana Firman Allah dalam Kitab suci AI-Qur'an yang artinya; ''tidaklah Aku jadikan jin dan manusia kecuali untuk menyembahKu". Sedangkan pada masa sekarang ini para siswa sudah begitu mementingkan kemampuan menghafal baik tentang tatatertib dalam beribadat, seperti bacaan-bacaan yang terdapat dalam bacaan sholat maupun surat-surat pendek yang menjadi bacaan sunnah dalam sholat sesudah membaca Al-Fatihah. Berbicara masalah Pengaruh Hafalan Dalam Menjalankan Ajaran Islam Oleh Siswa Di MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tubar, secara garis besar terdapat adanya beberapa hat yang mempengaruhinya, antara lain:
1. Faktor Ekstem yang berasal dari luar diri anak atau lingkungan sekitamya, seperti : pergaulan siswa, dorongan atau motivasi pendidik, orang tua, dan lainnya.
2. Faktor Intern yang berasal dari diri anak itu sendiri, misalnya : intelegensi, kecerdasan, perhatian, minat, kesehatan dan sebagainya.
Sebenamya dalam memupuk jiwa siswa agar menjadi anak yang tangkas dalam menjalankan ajaran Islam sangatlah sulit, karena tingakat inteligensi anak sangatlah berbeda-beda. Akan tetapi kalau kita mampu mendidik mulai kecil tidak akan ada kata tidak mungkin karena anak sudah terbiasa dengan kegiatan menghafal anak tersebut akan mudah menghafal tiap pelajaran yang disarnpaikan oleh bapak guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
(1) Bagaimana Hafalan Siswa Di MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban ?,
(2) Bagaimana kegiatan menjalankan Ajaran Islam oleh siswa MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban?,
(3) Bagaimana pengaruh Hafalan dalam menjalankan ajar-.-Jt Islam oleh siswa MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban ?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
I) Untuk mengetahui kemarnpuan menghafal siswa Di MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban, 2) Untuk mengetahui kegiatan menjalankan ajaran Islam oleh siswa MTs. Musthotawiyah Nguruan Soko Tuban, dan 3) Untuk mengetahui Pengaruh Hafalan Dalam Menjalankan Ajaran Islam Oleh Siswa Di MTs. Musthofawiy'lh Nguruan Soko Tuban
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun secara rinci metode penelitian ini terdiri dari (I) rancangan penelitian, (2) populasi dan sampel, (3) metode pengumpulan data, dan (3) analisis data dengan menggunakan rumus product moment. Kesimpulan dan penelitian ini adalah (1) Hafalan Siswa MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban di lingkungan masyarakat adalah baik, yang dimaksudkan di lingkungan masyarakat disini adalah baik dalam keluarga, masyarakat, teman maupun guru di sekolah, (2) Kegiatan menjalankan ajaran Islam siswa Di MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban adalah baik, (3) Hafalan siswa di lingkungan masyarakat berpengaruh positip terhadap menjalankan ajaran Islam siswa di Di MTs. Musthofawiyah Nguruan Soko Tuban. Hal ini berarti apabila siswa memiliki hafalan yang baik maka siswa tersebul juga akan memiliki kepribadian menjalankan ajaran Islam yang t,aik, demikian juga sebaliknya apabila hafalan siswa jelek/buruk maka kepribadian siswa tersebut juga buruk/jelek, dan (4) Usaha-usaha yang telah dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hafalan dan menJalankan ajaran Islam siswa yaitu denr,an cara meningkatkan kegiatan dalam menghafal di sekolah,

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 09 Nov 2022 13:24
Last Modified: 09 Nov 2022 13:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mujib, Moh.
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Syaifuddin, M.
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item
View Item