KORELASI ANTARA PENGAMALAN SHALAT DENGAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA MAAL-MUNAWWAR KUNCI DANDER BOJONEGORO

HUDA, M. KHUSNUL (2009) KORELASI ANTARA PENGAMALAN SHALAT DENGAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA MAAL-MUNAWWAR KUNCI DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 2009_M. KHUSNUL HUDA.pdf] Text
2009_M. KHUSNUL HUDA.pdf

Download (10MB)

Abstract

1. Model pembelajaran sentra yang diterapkan di TK Darul Ulum ini, ada enam sentra yang dikembangkan yaitu sentra imtaq, sentra persiapan, sentra bahan alam dan seni, sentra musik dan olah tubuh, sentra main peran, sentra balok. Sentra ini dilakukan setiap hari pada jam 07.00 - 11.30 siang. Setiap harinya anak-anak ganti sentra dengan sistem moving class sampai anak didik di enam sentra ini merasakan kegiatan belajar mengajar di masing-masing sentra tanpa di damping oleh wali kelas masing-masing sentra.
2. Upaya penanaman keimanan pada anak usia dini di TK Darul Ulum dilakukan melalui peran pembiasaan (kegiatan rutin) seperti mengucapkan syahadat, rukun iman dan rukun islam pada saat berbaris, mengucapkan salam pada masuk kelas, berdo'a sebelum dan sesudah proses belajar mengajar, dan lainlain. Melakukan kegiatan spontan, melakukan kegiatan yang direncanakan seperti tadarus keliling, mengaji call, clan lain-lain. Selain itu, menerapkan konsep bahwa setiap kegiatan dalam pembelajaran adalah membantu perkembangan anak mencenninkan pribadi muslim yang beriman melalui pendayagunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terutama guru, orang tua dan masyarakat sebagai suri tauladan (role model), menjalin hubungan dua arah yang harmonis antara sekolah dan rumah, melakukan kegiatan home visit.
3. Implementasi modal pembelajaran sentra pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan keimanan pada anak usia dini di TK Darul Ulum dilaksanakan disentra Imtaq dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan, menggunakan permainan dan suasana lingkungan kelas yang religius. Langkah-langkah pembelajarannya adalah melakukan pijakan lingkungan dengan menata lingkungan, alat main sesuai dengan tema yang dipelajari, pijakan sebelum main dengan bercerita saat main untuk memberikan arahan mengenai tata cara bermain dan makna yang terkandung dengan lain permainan, pijakan setelah main dengan melakukan rocolling dan terakhir melakukan evaluasi perkembangan untuk masingmasing anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pengalaman sholat, akhlaqul karimah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Nov 2022 19:50
Last Modified: 09 Nov 2022 13:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Salamun, Moh
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item
View Item