PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ROUDLOTUL HUDA NGANTRU NGASEM BOJONEGORO

HASANAH, SITI NUR (2022) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ROUDLOTUL HUDA NGANTRU NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode bercerita adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didik. Metode bercerita dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan, memberikan keterangan,atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka menyampaikan pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai kompetensi dasar usia anak usi 5-6 tahun.Busy Book adalah sebuah media pembelajaran yang interaktif terbuat dari kain (terutama kain flanel) yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan warnawarna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti pada Penelitian Pengaruh Metode Metode Bercerita dengan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 tahun RA Roudlotul Huda Ngantru Ngasem Bojonegoroadalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Pendekatan kuantitatif dipilih, karena penelitian ini menggunakan datadan hasil berupa data statistik. Konsep ini sesuai dengan pendapatHadjar, bahwa penelitian kuantitatif adalah bentuk penelitian yangmenjelaskan dan menyajikan hasil berupa angka atau data statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh pada penelitian ini mengenai pengaruh metode bercerita dengan media busy book terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Roudlotul Huda Ngantru,Terdapat pengaruh dari Penerapan metode bercerita dengan media busy book di RA Roudlotul Huda Ngantru yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 2-tailed = 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dengan taraf signifikan 5%, yang artinya ada peninggkatan yang signifikan kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode bercerita dengan media busy book. Dan dilihat dari hasilnilai t hitung 9.550 > t tabel 2.145 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antar metode bercerita dengan media busy book terhadap kemampuan berbicara anak di RA Roudlotul Huda Ngantru

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Media Busy Book, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Nur Hasanah
Date Deposited: 05 Nov 2022 02:08
Last Modified: 05 Nov 2022 02:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item
View Item