HASANAH, SITI NUR (2022) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ROUDLOTUL HUDA NGANTRU NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (912kB)
2. AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
3. BAB I.pdf
Download (3MB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (461kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode bercerita adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didik. Metode bercerita dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan, memberikan keterangan,atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka menyampaikan pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai kompetensi dasar usia anak usi 5-6 tahun.Busy Book adalah sebuah media pembelajaran yang interaktif terbuat dari kain (terutama kain flanel) yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan warnawarna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti pada Penelitian Pengaruh Metode Metode Bercerita dengan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 tahun RA Roudlotul Huda Ngantru Ngasem Bojonegoroadalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Pendekatan kuantitatif dipilih, karena penelitian ini menggunakan datadan hasil berupa data statistik. Konsep ini sesuai dengan pendapatHadjar, bahwa penelitian kuantitatif adalah bentuk penelitian yangmenjelaskan dan menyajikan hasil berupa angka atau data statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh pada penelitian ini mengenai pengaruh metode bercerita dengan media busy book terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di RA Roudlotul Huda Ngantru,Terdapat pengaruh dari Penerapan metode bercerita dengan media busy book di RA Roudlotul Huda Ngantru yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 2-tailed = 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dengan taraf signifikan 5%, yang artinya ada peninggkatan yang signifikan kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode bercerita dengan media busy book. Dan dilihat dari hasilnilai t hitung 9.550 > t tabel 2.145 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antar metode bercerita dengan media busy book terhadap kemampuan berbicara anak di RA Roudlotul Huda Ngantru
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Media Busy Book, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Nur Hasanah |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 02:08 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 02:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED Thesis advisor Kusna, Siti Labiba UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2221 |