PENGARUH PEMBIASAAN TADABBUR AL-QUR'AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN 1 BOJONEGORO

SARI, NIKE FIRDA (2022) PENGARUH PEMBIASAAN TADABBUR AL-QUR'AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of lampiran .pdf] Text
lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mempelajari Al-Qur’an sebatas tartil dan tahfidz tanpa disertai penggalian makna akan membuat suasana pembelajaran menjadi kurang efektif. Tadabbur Al�Qur’an ini penting karena akan menanamkan nilai-nilai Qur’ani agar menjadi akhlak dan berakhlak seperti Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an memiliki nilai-nilai religius yang kaitannya dengan keimanan kepada Allah dan meyakini kebenaran Al-Qur’an adalah sebagian dari keimanan sehingga akan menumbuhkan kesadaran untuk taat terhadap segala aturan Tuhan. Tadabbur Al-Qur’an ini bertujuan agar para siswa bisa merasakan kedalaman makna Al-Qur’an dan menjadi pedoman dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian field research dengan statistik non parametrik dengan jumlah sampel 255 siswa. Penulis menggunakan metode sampling yaitu probability sampling meliputi Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Pembiasaan tadabbur Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MAN 1 Bojonegoro bisa dikatakan baik. Yaitu dengan hasil angket yang disebarkan kepada siswa dengan nilai rata-rata 33,8 (2) Karakter religius di MAN 1 Bojonegoro bisa dikatakan baik. Yaitu dengan hasil angket yang disebarkan kepada siswa dengan nilai rata-rata 47,8 (3) Diketahui bahwa perolehan nilai pearson correlation sebesar 0,194. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=255, yaitu sebesar 0,138. Dapat diketahui bahwa nilai pearson correlation lebih besar daripada nilai rtabel. Artinya pembiasaan tadabbur Al�Qur’an memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan karakter religius siswa di MAN 1 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Tadabbur Al-Qur’an, Peningkatan Karakter Religius
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nike Firda Sari
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:45
Last Modified: 04 Nov 2022 07:45
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item