EFEKTIVITAS TEKNIK OVERCORRECTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MTs AL-MUNAWWAR

MUNIROH, SITI LAELATUL (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK OVERCORRECTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MTs AL-MUNAWWAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 2. Awalan.pdf] Text
2. Awalan.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Muniroh, Siti Laelatul 2022. Efektifitas Teknik Overcorrection dengan bimbingan kelompok untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa MTs AL-Munawwa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pembimbing Utama Zeti Novitasari, M.Pd dan pembimbing pendamping M. Iqbal Tawakkal, M.Pd.

Kata kunci : Teknik Overcorrection, perilaku membolos

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan perilaku membolos yang tinggi pada siswa kelas VIII MTs Al-Munawwar yang ditandai dengan perilaku seperti berhari-hari tidak masuk sekolah, tidak mengirimkan surat izin jika tidak masuk sekolah, membolos saat belum mengerjakan tugas, membolos saat jam kosong dan membolos saat tidak memakai seragam tidak lengkap. Hal ini berdasarkan hasil wawancara, observasi serta penyebaran angket skala perilaku membolos sebagai pre-test. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui keefektifan teknik overcorrection dengan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku membolos siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan one group pre-test – post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al-Munawwar. Data dikumpulkan melalui instrumen skala perilku membolos. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan antar hasil pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian membuktikan perilku membolos siswa kelas VIII MTs Al-Munawwar sebelum diberikan perlakuan dengan teknik overcorrection berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 165 dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik overcorrection terjadi penurunan menjadi kategori sedang dengan nilai skor sebesar 113. Berdasarkan hasil uji paired t-test antara hasil pre-test dan post-test diketahui bahwa nilai sig. 2 (tailed) adalah sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima yang berarti tidak terdapat nilai yang sama antara hasil pre-test dan post-test. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan dari sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment untuk mengurangi perlaku membolos siswa MTs Al-Munawwar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Overcorrection, perilaku membolos
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email 3320180131@kelasonline.unugiri.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2022 05:35
Last Modified: 04 Nov 2022 05:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item
View Item