MOJUWIENRO, KURNIA KHOIRUN NISA (2019) PENGARUH TAYANGAN TELEVISI UPIN DAN IPIN TERHADAP GAYA BAHASA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NABA’UL ILMI DESA BANJARSARI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (132kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (342kB)
BAB I.pdf
Download (246kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB) | Request a copy
Abstract
Saat ini tayangan animasi Upin dan Ipin sangat digemari oleh semua kalangan, terutama anak-anak. Film animasi ini merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi perilaku dan gaya bahasa anak. Terlebih lagi target pasar film adalah anak-anak di bawah usia 10 tahun, sebab di usia inilah, anak-anak rentan sekali menerima efek pesan media. Hal itu disebabkan daya pikir yang masih rendah, pengalaman yang kurang, serta sedikitnya pengetahuan dan informasi membuat anak dengan mudah menyerap pesan media, sehingga akan mudah terpengaruh dan cenderung melakukan tindakan meniru apa yang dilihat dan didengar.
Tujuan penelitian yang ingin penulis capai antara lain: Untuk mengetahui pengaruh tayangan televisi Upin dan Ipin pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui gaya bahasa siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh tayangan televisi Upin dan Ipin terhadap gaya bahasa siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu suatu metode yang berkaitan dengan angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan tentang suatu keadaan atau peristiwa. Dalam hal ini yang digambarkan adalah pengaruh tayangan televisi Upin dan Ipin terhadap gaya bahasa siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tayangan televisi Upin dan Ipin berpengaruh pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Gaya bahasa siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro dapat menirukan suara dan tingkah laku Upin dan Ipin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis laksanakan ternyata terdapat korelasi yang positif antara tayangan televisi Upin dan Ipin dengan gaya bahasa siswa. Berdasarkan perhitungan pengaruh tayangan televisi Upin dan Ipin terhadap gaya bahasa siswa Madrasah Ibtidaiyah Naba’ul Ilmi Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro adalah sebesar 0,476, ini berarti bahwa terdapat korelasi yang cukup kuat antara penggunaan televisi terhadap gaya bahasa siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tayangan televisi, Upin,Ipin, dan gaya bahasa |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 404 Topik khusus bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 16:21 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 23:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, Romadhon UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/214 |