PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL SANTRI (STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL ISHLAH PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN)

ARIFIN, ZAENAL (2022) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL SANTRI (STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL ISHLAH PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of AWALAN 1.pdf] Text
AWALAN 1.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Adalah tempat untuk mencari atau mendalami ilmu agama. Banyak ilmu agama yang didapat para santri dalam pondok pesantren. Bagi santri yang rajin mengikuti kegiatan dalam pondok pesantren selalu berusaha untuk mengembangkan kecerdasan sosialnya dengan mengikuti setiap kegiatan dan berharap keinginannya untuk menciptakan kecerdasan sosialnya tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Pengasuh, Pengurus dan santri Pondok Pesantren Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban. Dalam proses analisa data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan perpanjangan penelitian.
Adapun hasil penelitian Peran Pondok Pesantren dalam menumbuhkan kecerdasan sosial santri di Pondok Pesantren Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban menunjukan bahwa, (1.) Peran Pondok Pesantren dalam menumbuhkan kecerdasan sosial santri melalui beberapa program dan rutinitas diantaranya: madrasah diniyah, manakib, sholawat, muhadloroh, bakti sosial, dll (2.) kecerdasan sosial pada pesantren ini sangat membaik dengan saling mempedulikan satu sama lain (3.) faktor-faktor yang menghambat dan penunjang dalam program di pesantren adalah diri sendiri, orang lain, dan sarana prasarana. Kecerdasan sosial terdiri dari aspek social sensitivity, social insight, dan social communication. Keterampilan-keterampilan sosial ini merupakan keterampilan elementer yang harus dimiliki siswa. Kecerdasan sosial mencakup sikap empati, prososial,kesadaran diri, pemahaman situasi sosial dan etika sosial, keterampilan pemecahan masalah, komunikasi efektif, mendengarkan efektif serta mampu memimpin kelompok. Keterampilan ini dapat diajarkan kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Kecerdasan Sosial, Santri
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZAENAL ARIFIN
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:36
Last Modified: 25 Oct 2022 06:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA`ARIF, JAUHARUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AZIZ, SU`UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item
View Item