LAELA, LAELA (2022) TRANSFORMASI MODEL PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS KITAB KUNING KE DIGITAL PLATFORM STUDI DI PESANTREN AL-MA'RUF DESA KENDAL KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (179kB)
AWALAN.pdf
Download (476kB)
BAB I .pdf
Download (702kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (702kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (200kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (199kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB) | Request a copy
Abstract
Model pendidikan pesantren masih mempertahankan tradisi belajar kitab kuningnya metode pembelajaran yang di gunakan yakni sorogan, bandongan, dan weton Seiring berkembangnya zaman kemajuan teknologi informasi semakin cepat dan mengubah semua aspek kehidupan termasuk pesantren tantangan modernisasi membuat kyai dan guru dituntut untuk membuat inovasi dan kreatifitas yang terbaru dalam model pendidikan agar tetap eksis di masyarakat maka dari itu Pesantren perlu mengalami pergeseran penelitian ini bisa menjadi contohpesantren yang lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan transformasi model pendidikan pesantren berbasis kitab kuning ke digital platform di pondok pesantren Al-Ma’ruf Desa Kendal Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 Juli 2022. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara untuk mengetahui transformasi model pendidikan pesantren berbasis kitab kuning ke digital platform di pondok pesantren Al- Ma’ruf, serta data tambahan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam peneltian ini menggunakan triangulasi data. Hasil Penelitian ini meneliti tentang transformasi model pendidikan pondok pesantren berbasis kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf yang dulunya kyai mengaji kitab kuning hanya di lakukan oleh para santri di lingkungan pondok pesantren seiring berkembangnya zaman mengaji kitab kuning bisa di lakukan oleh para alumni dan masyarakat umum melaui digital platform seperti melalui media youtobe, facebook, instagram. Faktor yang mempengaruhi transformasi tersebut adalah kepemimpinan kyai dan modernisasi yang ditandai dengan derasnya arus informasi dan dorongan santri dan alumni. Faktor penghambatnya adalah pandangan konservatif sebagian orang bahwa model pendidikan yani terapkan sudah yang terbaik dan tidak perlu di rubah lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Transformasi; metode pembelajaran; pesantren |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAELA LAELA |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 04:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 04:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anwar, Saeful UNSPECIFIED Thesis advisor Khoiriyah, Siti UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1803 |