SITORESMI, PUSPITA (2022) ANALISIS METODE MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) PADA HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 2 BALEN KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (301kB)
AWALAN.pdf
Download (880kB)
BAB I.pdf
Download (405kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (241kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (348kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (955kB) | Request a copy
Abstract
Dalam berjalannya suatu pembelajaran yang baik tentunya membutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Di dalam dunia Pendidikan istilah pembelajaran sering digunakan, karena pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Disamping pembelajaran adapun metode yang juga digunakan oleh guru. Karena dengan guru menggunakan metode pembelajaran dapat menentukan tingkat suatu keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Adapun berbagai macam metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, salah satunya metode pembelajaran Market Place Activity. Metode Market Place Activity salah satu model pembelajaran yang menekankan pendekatan konstruktivis. Market Place activity merupakan model pembelajaran berupa kegiatan pasar, dimana peserta didik dapat melakukan aktivitas jual beli informasi. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Alasan peneliti menggunakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami kejadian mengenai apa yang dialami oleh subjek penelitian secara menyeluruh. Pengumpulan data adalah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti dalam rangka melengkapi data yang diperlukan oleh peneliti yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Model pembelajaran MPA melatih peserta didik untuk mendengarkan informasi yang dipaparkan oleh kelompok lain dan melatih peserta didik dalam keaktifan diri. Dalam hal ini yang berperan penting yaitu siswa itu sendiri, 2) Penerapan metode market place activity dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam materi ibadah puasa. Dan dapat menjadikan peserta didik semakin aktif dalam pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok, sehingga berdampak meningkatnya hasil belajar atau prestasi belajar peserta didik, 3) Kendala-kendala metode Market Place Activity dari segi guru, berdasarkan hasil pengamatan kepada guru PAI yaitu ketika banyaknya jumlah siswa guru akan kuwalahan dalam mengatasi siswanya. Dikarenakan metode ini yang berperan utama yaitu siswa bukan guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Metode MPA, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Puspita Sitoresmi |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:40 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nisa’, Ida Fauziatun UNSPECIFIED Thesis advisor Isroani, Farida UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1705 |