NAJIHIN, MOH BAHAUDDIN (2022) IMPLEMENTASI METODE AMSILATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN WASILATUL HUDA DUKOH KIDUL NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER A.pdf
Download (438kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (657kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (759kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (780kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (422kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (605kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang upaya yang dilakukan oleh lembaga pesantren dalam penerapan nahwu sharaf dalam perspektif amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan dan menganalisis secara alamiah dalam mengetahui kondisi pendidikan, serta upaya-upaya yang dilakukan oleh lembaga pesantren Wasilatul Huda dalam penerapan nahwu sharaf perspektif amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Sehingga hasil penelitian yang diharapkan akan menjadi literasi dan sebagai bahan pertimbangan oleh ustad/ustadzah di pondok pesantren dalam mengembangkan pengajaran yang sesuai dengan apa ditujukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar tempat Pondok Pesantren Wasilatul Huda di Desa Dukuhkidul, Ngasem, Bojonegoro. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan memberikan makna terhadap data yang telah terkumpul, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (i) Penerapan pembelajaran nahwu sharaf dengan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Wasilatul Huda tidak jauh berbeda dengan penerapan metode Amtsilati pusat. Akan tetapi, pembagaian waktu pembelajaran metode Amtsilati dibagi menjadi dua, waktu pagi jam sekolah bagi santri kalong dan waktu malam dipesantren untuk santri mukim. (ii) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, pengajar dituntut lebih aktif. Penambahan durasi pembelajaran. Peraturan dalam metode pembelajaran hafalan. Pendampingan dari santri senior. Apresiasi kepada santri yang lulus tingkatan jilid. Penambahan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nahwu Shorof, Amsilati,Kitab Kuning, |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Bahauddin Najihin |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:26 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI UNSPECIFIED Thesis advisor RAHMAWATI, ULVA BADI' UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1703 |