PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA DANDER

WATI, DWI RIKA RATNA (2022) PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA DANDER. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan keaksaraandi RA Miftahul Huda Dander . Dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalamkegiatan proses belajar mengajar. Sehingga masih banyak anak yang kurang memahami keaksaraan. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan media wayang untuk meningkatkan keterampilan keaksaraan pada siswa RA Miftahul Huda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan keaksaraan pada siswa sebelum diterapkan media wayang, untuk mengetahui bagaimana keterampilan keaksaraan pada siswa setelah diterapkan media wayang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media wayang terhadap keterampilan keaksaraan pada kelompok B RA Miftahul Huda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan paired t test dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang dalam kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan keaksaraan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 7.90 dan posttest sebesar 12.35. kemudian analisis data menggunakan paired t test dengan data pretest dan posttest. Diketahui nilai sig. 0.000 < 0.05, t hitung = 12.399, t tabel = 2.093. Maka dapat dismpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi ada pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita, dibuktikan dengan adanya kenaikan skor sebanyak 4-6 point dari hasil pretest ke posttest.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, keaksaraan, Anak Usia Dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dwi Rika Ratna Wati
Date Deposited: 22 Oct 2022 06:14
Last Modified: 22 Oct 2022 06:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fikri, Mohammad Tsaqibul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item
View Item