WATI, DWI RIKA RATNA (2022) PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEAKSARAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA DANDER. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (446kB)
AWALAN.pdf
Download (978kB)
BAB 1.pdf
Download (723kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (734kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (419kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (415kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan keaksaraandi RA Miftahul Huda Dander . Dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dalamkegiatan proses belajar mengajar. Sehingga masih banyak anak yang kurang memahami keaksaraan. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan media wayang untuk meningkatkan keterampilan keaksaraan pada siswa RA Miftahul Huda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan keaksaraan pada siswa sebelum diterapkan media wayang, untuk mengetahui bagaimana keterampilan keaksaraan pada siswa setelah diterapkan media wayang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media wayang terhadap keterampilan keaksaraan pada kelompok B RA Miftahul Huda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan paired t test dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang dalam kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan keaksaraan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 7.90 dan posttest sebesar 12.35. kemudian analisis data menggunakan paired t test dengan data pretest dan posttest. Diketahui nilai sig. 0.000 < 0.05, t hitung = 12.399, t tabel = 2.093. Maka dapat dismpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi ada pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita, dibuktikan dengan adanya kenaikan skor sebanyak 4-6 point dari hasil pretest ke posttest.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, keaksaraan, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dwi Rika Ratna Wati |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:14 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:14 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fikri, Mohammad Tsaqibul UNSPECIFIED Thesis advisor Kusna, Siti Labiba UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1696 |