UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOL PADA SISWA KELAS IV SDN KASIMAN II

AISYAH, SITI (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOL PADA SISWA KELAS IV SDN KASIMAN II. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar bola kasti siswa kelas IV SDN Kasiman II melalui permainan kasbol dengan adanya inovasi dalam pembelajaran PJOK yang tidak monoton dapat mempengarui hasil belajar siswa. Masalah-masalah belajar tersebut tentunya memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan atau keunggulan prestasi akademik siswa. Siswa SD belum bisa maksimal menggunakan tongkat pemukul bola untuk memukul bola. Selain itu salah satu aturan permainannya adalam membunuh lawan dengan cara melempar bola ke tubuh, yang membuat siswa takut, karena lemparan keras ke tubuh akan membuat sakit dan siswa kuran tertarik untuk mengikuti pelajaran kasti. Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyek yang digunakan adalah siswa SDN Kasiman II yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Adapun instrumen yang dipergunakan ialah lembar penilaian psikomotorik, penilaian afektif, penilaian kognitif. Analisis data yang dipergunakan dengan metode deskriptif berdasarkan analisis kualitatif disertai persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian pra siklus secara keseluruhan rata-rata 67,5 poin. Pada siklus I, indeks psikomotorik keseluruhan 67,8, indeks afektif 73,5 dan indeks kognitif 74,1 hasil tersebut meningkat. 14 seswa, atau 51,9 %, tuntas, dan 13, atau 48,1 % tidak tuntas, dari total siswa yaitu 27. Pada siklus II, siswa kelas IV SDN Kasiman II mengalami peningkatan nilai, penilaian dengan rata-rata skor psikomotorik 74,4, rerata skor afektif 76,0, dan rerata skor kognitif 74,1. Di siklus II diketahui memiliki taraf keberhasilan hasil belajar permainan bola kasti melalui permainan kasbol dari nilai KKM ( Kriteria Ketutasan Minimum ) yaitu 81,5 % atau 22 siswa tuntas, dan 18,5% , atau 5 siswa belum tuntas dari jumlah siswa 27.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bola Kasti, Permainan Kabol
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:47
Last Modified: 31 Oct 2022 04:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ALIRIAD, HILMY
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PRIADANA, BENNY WIDYA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item
View Item