AISYAH, SITI (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN KASBOL PADA SISWA KELAS IV SDN KASIMAN II. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (223kB)
AWALAN .pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (738kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (636kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar bola kasti siswa kelas IV SDN Kasiman II melalui permainan kasbol dengan adanya inovasi dalam pembelajaran PJOK yang tidak monoton dapat mempengarui hasil belajar siswa. Masalah-masalah belajar tersebut tentunya memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan atau keunggulan prestasi akademik siswa. Siswa SD belum bisa maksimal menggunakan tongkat pemukul bola untuk memukul bola. Selain itu salah satu aturan permainannya adalam membunuh lawan dengan cara melempar bola ke tubuh, yang membuat siswa takut, karena lemparan keras ke tubuh akan membuat sakit dan siswa kuran tertarik untuk mengikuti pelajaran kasti. Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subyek yang digunakan adalah siswa SDN Kasiman II yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Adapun instrumen yang dipergunakan ialah lembar penilaian psikomotorik, penilaian afektif, penilaian kognitif. Analisis data yang dipergunakan dengan metode deskriptif berdasarkan analisis kualitatif disertai persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian pra siklus secara keseluruhan rata-rata 67,5 poin. Pada siklus I, indeks psikomotorik keseluruhan 67,8, indeks afektif 73,5 dan indeks kognitif 74,1 hasil tersebut meningkat. 14 seswa, atau 51,9 %, tuntas, dan 13, atau 48,1 % tidak tuntas, dari total siswa yaitu 27. Pada siklus II, siswa kelas IV SDN Kasiman II mengalami peningkatan nilai, penilaian dengan rata-rata skor psikomotorik 74,4, rerata skor afektif 76,0, dan rerata skor kognitif 74,1. Di siklus II diketahui memiliki taraf keberhasilan hasil belajar permainan bola kasti melalui permainan kasbol dari nilai KKM ( Kriteria Ketutasan Minimum ) yaitu 81,5 % atau 22 siswa tuntas, dan 18,5% , atau 5 siswa belum tuntas dari jumlah siswa 27.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Bola Kasti, Permainan Kabol |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Siti Aisyah |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:47 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 04:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ALIRIAD, HILMY UNSPECIFIED Thesis advisor PRIADANA, BENNY WIDYA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1683 |