PENGARUH KOIN PRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERMINTAAN MAAF BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI GAYA BARU SIDOREJO KEDUNGADEM

UMAROH, REZA (2022) PENGARUH KOIN PRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PERMINTAAN MAAF BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI GAYA BARU SIDOREJO KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada Madrasah Ibtidaiyah, semua materi sebisa mungkin harus dikuasai, seperti halnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dimana siswa harus bisa memahami dan mengaplikasikan, seperti berkomunikasi, berbahasa, dan ucapan berbicara. Rendahnya prestasi belajar dan kurangnya respon dari siswa membuat guru harus menerapkan metode belajar baru, agar prestasi dan respon pada siswa meningkat. Oleh karena itu, guru perlu melakukan koin prestasi kepada siswa di sekolah untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa yang akan mempengaruhi belajarnya. Bahasa Indonesia berperan penting dalam kehidupan disegala aspek kehidupan. Baik dalam bidang pendidikan, sosial maupun kemasyarakatan. Bahasa merupakan sarana komunikasi dalam kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan, antara lain untuk mengetahui penerapan koin prestasi kelas I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada materi permintaan maaf Bahasa Indonesia I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem, dan untuk mengetahui pengaruh koin prestasi terhadap prestasi belajar siswa materi permintaan maaf Bahasa Indonesia kelas I di MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis komparasi dengan Independent sample t-test. Sampel penelitian adalah 19 siswa kelas I MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem sebagai kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas I MI Gaya Baru Sidorejo Kedungadem sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji validitas terdapat 6 soal valid dengan nilai r hitung > r tabel dengan nilai 0,329. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan nilai batas sig > 0,6 dan hasil semuanya reliabel. Uji normalitas dengan rumus Shapiro Wilk dengan nilai sampel berdistribusi normal Asymp Sig > 0,05 dan data semuanya dikatakan normal. Di uji homogen yang diperoleh nilai alpha > 0,05 maka data dikatan homogen. Dan yang terakhir ada uji hipotesis, dengan uji t sig < 0,05 maka hipotesis tentang koin prestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penerapan koin prestasi terhadap kelompok eksperimen sebesar 88% dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Dan terdapat pengaruh prestasi belajar siswa, antara sebelum dan sesudah diterapkannya koin prestasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: koin prestasi, prestasi belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: REZA UMAROH
Date Deposited: 20 Oct 2022 05:23
Last Modified: 20 Oct 2022 05:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rofi’ah, Firda Zakiyatur
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fithriyah, Dewi Niswatul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item