IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIs̄ DI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN

SA'DIYAH, KHALIMATUS (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADIs̄ DI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (752kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (546kB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran aktif merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Strategi Index Card Match merupakan salah satu strategi pembelajaan yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan aktif, sehingga dapat diterapkan pada semua peserta didik dan menumbuhkan ide-ide baru serta daya kreativitas tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik dan lebih memungkinkan bagi peserta didik serta mendukung mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi masih kurang aktifnya proses pembelajaran peserta didik MA Islamiyah Senori Tuban yang proses pembelajaran menggunakan metode ceramah atau pembelajaran langsung yang berpusat pada pendidik. Oleh karena itu menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik serta daya kreativitas peserta didik masih rendah dan berdampak pada keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bentuk penelitiannya deskriptif. Jenis penelitian skripsi ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Analisa data dapat dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: (1) Sebelum penerapan strategi index card match guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis̄ menggunakan metode ceramah yang mana metode ini dalam proses pembelajaran hanya berpusat pada pendidik, maka kondisi peseta didik pada saat proses pembelajaran menjadi pasif, hal ini ditandai dengan peserta didik kurang merespon, mengantuk dan mudah bosan. (2) Penerapan strategi index card match ini dapat mengoptimalkan proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis̄ di kelas X IPS 3 MA Islamiyah Senori Tuban, dari peserta didik yang semula pasif dan tidak fokus dalam pembelajaran kini keaktifan belajar peserta didik meningkat saat pembelajaran Al-Qur’an Hadis̄ berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHALIMATUS SA'DIYAH
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:24
Last Modified: 20 Oct 2022 04:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi’
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Isroani, Farida
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item
View Item