FAROUQ, AMINATUZ ZUHRIAH AL (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL TANJUNGHARJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover..pdf
Download (676kB)
Awalan...pdf
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (756kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (786kB) | Request a copy
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (641kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Download (423kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (531kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Model pembelajaran Talking Stick adalah salah satu model pendukung pengembangan pembelajaran. Model pembelajaran Talking Stick adalah suatu model pembelajaran dengan bantuan tongkat, bagi siswa yang memegang tongkat terlebih dahulu , siswa tersebut wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru setelah peserta didik mempelajari materi pokok yang telah disampaikan, selanjutnya kegiatan model pembelajaran ini diulang terus menerus hingga semua siswa mendapatkan giliran untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunkanan desain penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik dalam analisis data meliputi reduksi data untuk melihat gambaran keseluruhan ata bagian-bagian tertentu dalam penelitian serta penarikan kesimpulan untuk mendapatkan bukti-bukti yang mendukung dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, implementasi model pembelajaran Talking Stick yaitu sebuah model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media tongkat, dengan cara guru membentuk sebuah lingkaran yang terdiri dari 10 anak atau lebih, setelah itu tongkat diputar dengan diiringi lagu-lagu sampai lagu selesai dinyanyikan dan tongkat berhenti pada salah satu siswa, maka siswa yang mendapatkan tongkat tersebut wajib menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Faktor Pendukung Dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo Bojonegoro yaitu meliputi guru yang aktif dan kreatif, peserta didik yang aktif dan penuh semangat, buku mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, tongkat sebagai media pembelajaran, dan alat yang menunjang pengimplementasian model pembelajaran Talking Stick. Sedangkan Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Tanjungharjo Bojonegoro yaitu meliputi, peserta didik kurang menguasai materi pembelajaran, kurangnya buku mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan kurangnya sumber belajar yang memadai.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Talking Stick , Pelajaran Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aminatuz Zuhriah Al Farouq |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 01:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 01:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Mamlu'ah, Aya UNSPECIFIED Thesis advisor Uddin, Ahmad Muthi' UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1653 |