A'YUNIN, QURROTU (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DI TPQ AS-SA’ADAH SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KEBERHASILAN HASIL MUNAQOSYAH SANTRI DI KECAMATAN PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (327kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (743kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Implementasi Perda Kabupaten Tuban No. 6 tahun 2016 tentang pendidikan akhlak mulia, menjadi tantangan bagi para guru mengaji di Kabupaten Tuban. Dengan adanya kegiatan munaqosyah TPQ, guru mengaji harus bekerja ekstra dalam membuat strategi pembelajaran yang sesuai dan bisa membantu santri dalam memperoleh keberhasilan munaqosyah TPQ. Pada tahun 2022 di Kecamatan Parengan TPQ As-Sa’adah mendapat perhatian dari lembaga-lembaga lain disekitarnya. Pasalnya salah satu santri TPQ As-Sa’adah memperoleh nilai tertinggi se-Kecamatan Parengan. Dari situlah peneliti tergugah untuk melakukan sebuah penelitian di lembaga TPQ As-Sa’adah untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan di TPQ As-Sa’adah untuk membentuk keberhasilan santri terutama keberhasilan hasil munaqosyah santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap kepala TPQ, dan dewan guru TPQ. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dengan triagulasi sumber untuk menghindari adanya subjektivitas. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: Dibentuknya kelas khusus bagi santri yang akan di munaqosyah yaitu kelas pramunaqosyah. Strategi penyampaian model sorogan dan klasikal, pengelompokan belajar santri disesuaikan dengan kemampuan santri. Alokasi waktu pembelajaran kelas pramunaqosyah selama 90 menit. Metode pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah dan evalusi pembelajaran yang terstruktur dengan baik. Adapun Faktor pendukung pembelajaran Al-Qur’an di TPQ As-Sa’adah yaitu: kualitas dewan guru, keaktifan santri mengaji, serta metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: keaktifan guru dan santri, kurangnya kontrol wali santri.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Al-Qur’an, Hasil Munaqosyah, Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Qurrotu A'yunin |
Date Deposited: | 15 Oct 2022 02:10 |
Last Modified: | 15 Oct 2022 02:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN UNSPECIFIED Thesis advisor ROIN, USMAN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1562 |