KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

ANAM, MOH. SHIROZUL (2013) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Abstrak dan Pengesahan.pdf] Text
Abstrak dan Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Dalam konteks pendidikan agama, paradigma multikultural perlu menjadi
landasan utama penyelenggaraan proses belajar-mengajar. Pendidikan agama
membutuhkan lebih dari sekedar transformasi kurikulum, namun juga perubahan
perspektif keagamaan dari pandangan eksklusif menuju pandangan
multikulturalis, atau setidaknya dapat mempertahankan pandangan dan sikap
inklusif dan pluralis.
Berpijak pada uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hubungan Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat multikultural, dan (2) Bagaimana konsep pendidikan agama islam Bagi masyarakat multikultural. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui hubungan Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat multikultural, dan (2) konsep pendidikan agama islam bagi multikultural
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research. Dalam penelitian ini aspek terpenting yang diteliti oleh peneliti adalah seputar apa dan bagaimana pengertian, pemahaman, persepsi, kemauan, dan keyakinan tentang argumentasi yang terdapat pada literatur mengenai tema sentral yang menjadi pusat studi. Untuk itu, jenis data yang menjadi pusat studi akan dihimpun melalui data verbal yang abstrak kualitatif yaitu tulisan atau pendapat para pakar dan para tokoh.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membentuk perspektif kultur Islam yang baru dan lebih matang, membina relasi antar kultur Islam yang harmonis, tanpa mengesampingkan dinamika, proses dialektika dan kerjasama timbal balik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Masyarakat Multikultural
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Nov 2021 20:52
Last Modified: 02 Nov 2021 20:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item