SOFYAN, FARIDA BANI (2022) PENGARUH SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MI ISLAMIYAH MAYANGGENENG KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (416kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (600kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (698kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (458kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (463kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Masih banyak siswa yang belum memahami penggunaan media sosial yang berdampak rendahnya perilaku belajar siswa di sekolah. Masih ada sejumlah siswa dari kelas IV hingga kelas VI di MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro lebih cenderung waktunya dihabiskan dengan menonton video lucu-lucuan di aplikasi TikTok. Disamping itu, beberapa wali murid terkadang mengeluhkan keseringan anak mereka bermain HP hingga lupa waktu untuk belajar. Memang faktor dalam diri siswa tidak sepenuhnya membantu mereka mencapai tujuan belajarnya, tetapi harus dibarengi dengan peran guru dan orang tua dalam mengawasi dan melindungi siswa dari pengaruh luar. pembelajaran anak-anak. Dalam hal ini, penggunaan jejaring sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mendeskripsikan tingkat penggunaan sosial media TikTok oleh siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, 2) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh sosial media TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian, yaitu 53 siswa yang tersebar dalam 4 kelas, yakni kelas III, IV, V, dan VI MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media sosial TikTok siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk tinggi, 2) Kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro termasuk rendah, dan 3) Sosial media TikTok berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Islamiyah Mayanggeneng Kalitidu Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosial media, TikTok, kedisiplinan, belajar, siswa |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Farida Bani Sofyan |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:37 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADLON UNSPECIFIED Thesis advisor SUTTRISNO, SUTTRISNO UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1533 |