IMPLEMENTASI METODE TASMI' DALAM MEMBENTUK KUALITAS HAFALAN AL-QUR'AN DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAKUR NGLINGI NGASEM BOJONEGORO

KHUSNA, ASMAUL (2022) IMPLEMENTASI METODE TASMI' DALAM MEMBENTUK KUALITAS HAFALAN AL-QUR'AN DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASY-SYAKUR NGLINGI NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1._COVER[1].pdf] Text
1._COVER[1].pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 2._AWALAN[1].pdf] Text
2._AWALAN[1].pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3._BAB_I[1].pdf] Text
3._BAB_I[1].pdf

Download (858kB)
[thumbnail of 4._BAB_II[1].pdf] Text
4._BAB_II[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of 5._BAB_III[1].pdf] Text
5._BAB_III[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of 6._BAB_IV[1].pdf] Text
6._BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[thumbnail of 7._BAB_V[1].pdf] Text
7._BAB_V[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of 8._BAB_VI[1].pdf] Text
8._BAB_VI[1].pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 9._DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf] Text
9._DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 10._LAMPIRAN[1].pdf] Text
10._LAMPIRAN[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kegiatan siswa didalam pondok pesantren maupun kegiatan belajar mengajar disekolah. Sehingga siswa belum mampu memanagemen waktu dalam menghafal dan memelihara hafalan Al-Qur’an. Madrasah Tsanawiyah Asy-Syakur salah satu lembaga yang mengembangkan program tahfidz Al-Qur’an, dengan tujuan menyiapkan wadah bagi siswa yang ingin menghafalkan Al-Qur’an serta mempersiapkan lulusan yang lebih unggul melalui metode tasmi’. Tujuan penelitian ini adalah adalah mendeskripsikan kegiatan program tahfidz, implementasi metode tasmi’, serta faktor pendukung dan penghambat metode tasmi’ dalam membentuk kualitas hafalan Al-Qur’an di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Asy-Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan program tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syakur berjalan sesuai yang direncanakan. Sehingga dapat membantu siswa memanagemen waktu dalam menghafal Al-Qur’an (2) Penerapan metode tasmi’ dalam membentuk kualitas hafalan Al-Qur’an melalui pembiasaan tasmi’ atau setoran kepada guru, disimakan kesesama teman tahfidz dengan dua orang atau lebih, membaca satu juz dipimpin oleh guru, ujian tasmi’ pecapaian (3) Faktor pendukung dan penghambat metode tasmi’ dalam membentuk kualitas hafalan Al-Qur’an meliputi teman yang rajin, motivasi guru dan orang tua, tempat yang kondusif, kesehatan, kecerdasan, dan ujian tasmi’ pencapaian. Adapun faktor penghambatnya adalah mengantuk atau jenuh, adanya ayat-ayat yang serupa, kurang motivasi dari diri sendiri, serta kurang bersungguhsungguh.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Kualitas, Metode Tasmi’
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ASMAUL KHUSNA
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:43
Last Modified: 09 Nov 2022 19:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Roin, Usman
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item
View Item