PULVIANA, LIA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMA 1 (INDAHNYA KEBERSAMAAN) MENGGUNAKAN GOOGLE SITES KELAS IV SDIT NURUL HUDA PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (388kB)
AWALAN.pdf
Download (935kB)
BAB I.pdf
Download (742kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (659kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (461kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (525kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat di era globalisasi bermanfaat untuk kemajuan diberbagai aspek salah satunya dalam aspek pendidikan. Dalam pendidikan memerlukan bahan ajar sebagai penunjang proses pembelajaran. Selain dari buku tematik bahan ajar juga dapat berasal dari sumber lain misalnya website. Pengunaan website ini dapat mempermudah proses pembalajaran baik secara tatap muka ataupun daring (salam jaringan). Pendidik dapat memanfaatkan sebuah website bernama google sites yang dapat digunakan sebagai pengembangan bahan ajar di SD/MI. Salah satunya untuk mengembangkan bahan ajar tema 1 (Indahnya Kebersamaan) menggunakan google sites dikelas IV SDIT Nurul Huda Padangan Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan bahan ajar menggunakan google sites dikelas IV. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar terkait dengan validitas dan respon siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan, serta untuk mengetahui keterlaksanaan terkait dengan penggunaan bahan ajar berbasis google sites. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk, 10) hasil produk. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan pada uji coba pemakaian yang dilakukan di kelas IV SDIT Nurul Huda Padangan berdasarkan pengamatan peneliti dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat terlihat dari persentase rata-rata 88% dan dalam tabel kategori termasuk dalam kategori “sangat baik atau tidak perlu revisi”. Pengembangan bahan ajar ini sebelum digunakan telah direvisi berdasarkan saran dan hasil validasi dari validator yang memperoleh persentase rata-rata dari ahli media 81% dengan kategori “sangat valid”, ahli materi 94% “sangat valid”, ahli Bahasa 89% dengan kategori “sangat valid”. Untuk respon peserta didik ketika dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh persentase rata-rata 80% dan uji coba pemakaian 84% dengan kategori “sangat baik”. Peserta didik merespon dengan baik dan peserta didik berantusias untuk mengikuti kegiatan pembalajaran dengan menggunakan google sites.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, pembelajaran tematik, google sites. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lia Pulviana |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 01:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 01:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, Muhammad Romadlon UNSPECIFIED Thesis advisor Suttrisno, Suttrisno UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1517 |