Imamah, Nurul (2019) PENGARUH METODE PERMAINAN TREASURE CLUE DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM UNGGULAN SUKOREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (182kB)
ABSTRAK.pdf
Download (112kB)
Pernyataan dan Persetujuan.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (609kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (640kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (775kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf
Download (230kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode permainan merupakan salah satu cara mentransfer materi pelajaran agar lebih mudah diterima siswa. Dalam penelitian ini penulis membahas penerapan penggunaan metode permainan Treasure Clue (belajar sambil bermain). Hasil belajar siswa masih tetap menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar, hasil belajar yang baik akan mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami metode belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga hasil belajar yang dihasilkan akan maksimal.
Berpijak dari uraian di atas tujuan dari peneitian ini adalah (1) untuk dapat menerapkan penggunaan metode permainan Treasure Clue pada pembelajaran IPA materi ciri khusus makhluk hidup di kelas VI MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro, (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan Treasure Clue pada pembelajaran IPA materi ciri khusus makhluk hidup di kelas VI MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, interview, dokumentasi, tes dan angket. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 26 anak. Dan data di analisis dengan analisis data statistik, kemudian dengan menggunakan rumus product moment.
Dalam akhir pengolahan data telah diketahui Nilai rxy = 0,888 dan terakhir memberikan interprestasi, sehingga telah terbukti bahwa metode permainan Treasure Clue memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang sangat baik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Permainan Treasure Clue, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 21:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 21:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sa’diyah, Zumrotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/147 |