Rofiq, Ainur (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN BINA PRIBADI ISLAMI DALAM UPAYA MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. Sampul.pdf
Download (278kB)
2. Halaman Judul.pdf
Download (562kB)
3. BAB I CD.pdf
Download (792kB)
4. BAB II CD.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB) | Request a copy
5. BAB III CD.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB) | Request a copy
6. BAB IV CD.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB) | Request a copy
7. BAB V CD.pdf
Download (526kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (543kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Setiap individu memiliki kepribadian masing-masing yang berbeda-beda. Psikologi menyebutnya sebagai individual differences, yaitu individu yang unik dan memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian merupakan ciri khas seseorang yang meliputi sikap, perilaku, dan cara individu dalam menyelesaikan segala macam permasalahan dalam hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Uswah Tuban, untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat, dan solusinya dalam program pembelajaran Bina Pribadi Islami dalam upaya membentuk kepribadian islami siswa SMPIT ALUswah Tuban. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMPIT Al-Uswah Tuban, sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah SMPIT Al-Uswah Tuban, guru(mentor) Bina Pribadi Islami, penanggung jawab pembelajaran Bina Pribadi Islami, dan siswa kelas VIII SMPIT Al-Uswah Tuban. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, obsrvasi dan dokumentasi. Metode Pembelajaran SMPIT Al Uswah menggunakan pendekatan modern pembelajaran yang variatif dan inovatif, Learning By Doing, Enjoy Full Learning, Quantum Teaching And Learning, PAKEM berbasis konsep strategi Multiple Intelligences dan pendek atan lingkungan, Outbound serta Integral Learning. Khusus Pembelajaran Al Qur'an, SMPIT Al Uswah menggunakan metode WAFA. Untuk Ma'had (Pondok) pembelajaran dilaksanakan dengan metode smart learning dan buku Mutaba'ah (evaluasi) yang dilaksanakan setiap hari di asrama. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran program Bina Pribadi Islami dilakukan secara rutin setiap hari Jumat, satu kali dalam seminggu. Pelaksanaan mentoring selama 1-2 jam, dengan beberapa metode penyampaian seperti ceramah keteladanan, menarik simpati peserta mentoring, permainan, dan diskusi. Rangkaian kegiatan mentoring atau Halaqoh ini pertama adalah tilawah Al Quran, pengecekan pelaksanaan ibadah siswa melalui buku mutabaah sesudah itu baru dimulai penyampaian materi. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembentukan karakter siswa melalui program Bina Pribadi Islamibdi SMPIT Al-Uswah Tuban adalah kesadaran siswa itu sendiri dalam melaksanakan atau menerapkan kepribadian islami pada dirinya, visi dan misi sekolah, kekuatan dari guru atau mentor Bina Pribadi Islami, kegiatan yang sudah terprogram, prinsip kerja sama dan kekeluargaan dari semua anggota atau warga sekolah seperti siswa, guru, ketua yayasan, dan orang tua, sarana dan prasarana serta fasilitas sekolah yang memadai, serta lingkungan sekolah yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Pembelajaran |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 02:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 02:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su’udin UNSPECIFIED Thesis advisor Februyani, Nawafila UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1465 |