PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH GARDEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SEKOLAH DASAR

ULYA, KAMILATUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATH GARDEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dalam dunia pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dengan pembelajaran matematika baik dalam pendidikan formal maupun nonformal karena kemampuan berhitung tidak terlepas dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu mempelajari matematika sangat penting untuk peserta didik dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perlu adanya kemampuan numerasi dalam memahami konsep matematika dengan benar. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan perkembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik khususnya pada anak kelas II Sekolah Dasar di MI Al-Hidayah Pacul. Penelitian ini memiliki tujuan, diantaranya (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran Math Garden dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. (2) Mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Math Garden terhadap hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik (berurutan). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuisioner / angket, tes kelas dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas dari beberapa tim ahli untuk mengetahui layak tidaknya media pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Pengembangan media pembelajaran Math Garden menggunakan bahan dasar akrilik, kain flanel, gelas plastik, kertas lipat berwarna cokelat, styrofoam, stiker, dan kertas buffalo. Media ini berbentuk 3 dimensi yag memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi serta bisa di amati dari segala arah. (2) Kelayakan media pembelajaran Math Garden setelah di validasi oleh validator dari 3 tim ahli yaitu ahli media sebesar 84 %, ahli materi sebesar 86 % dan ahli pembelajaran sebesar 92 % yang berarti “sangat layak” untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Math Garden, Kemampuan Numerasi, Perkalian & Pembagian,Kelas II SD
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kamilatul Ulya
Date Deposited: 01 Oct 2022 01:31
Last Modified: 01 Oct 2022 01:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item
View Item