EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PLUS NABAWI KEDUNGADEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH

ISWATI, YULYA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PLUS NABAWI KEDUNGADEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Sampul.pdf] Text
Sampul.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rasa bosan siswa dalam pembelajaran Fiqih serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang masih rendah. Kemampuan berpikir siswa dapat meningkat dengan adanya penggunaan suatu model pembelajaran. Variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektif atau tidaknya model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem.
Pendekatan kuantitatif pre-eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain the one group pre-test post-test design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem dengan junlah siswasebanyak 20. Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (HOTS) siswa menggunakan Teknik pengumpulan data berupa pre test serta untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa prettets dan post test. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis yaitu Teknik analisis uji t sampel berpasangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII, hasilnya diperoleh pada pengujian korelasi yaitu thitung > ttabel atau -7,350 > 2,093. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Fiqih.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulya Iswati
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:28
Last Modified: 01 Dec 2022 06:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item
View Item