ISWATI, YULYA (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PLUS NABAWI KEDUNGADEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Sampul.pdf
Download (59kB)
Awalan.pdf
Download (826kB)
Bab I.pdf
Download (495kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (322kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (279kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rasa bosan siswa dalam pembelajaran Fiqih serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang masih rendah. Kemampuan berpikir siswa dapat meningkat dengan adanya penggunaan suatu model pembelajaran. Variabel bebas dan terikat dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektif atau tidaknya model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem.
Pendekatan kuantitatif pre-eksperimen pada penelitian ini menggunakan desain the one group pre-test post-test design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTs Plus Nabawi Kedungadem dengan junlah siswasebanyak 20. Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (HOTS) siswa menggunakan Teknik pengumpulan data berupa pre test serta untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa prettets dan post test. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis yaitu Teknik analisis uji t sampel berpasangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII, hasilnya diperoleh pada pengujian korelasi yaitu thitung > ttabel atau -7,350 > 2,093. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Fiqih. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yulya Iswati |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:28 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 06:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fauziah, Zumrotul UNSPECIFIED Thesis advisor Shofiyuddin, Ahmad UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1431 |