KHOIRIYAH, SITI (2018) Efektifitas pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) Pada mata pelajaran fikih Di madrasah ibtidaiyah falahiyah kandangan trucuk bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (501kB)
BAB I.pdf
Download (380kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf
Download (84kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pendekatan masyarakat belajar (learning community) merupakan suatu konsep terciptanya masyarakat belajar di sekolah, yakni proses belajar membelajarkan antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa, masyarakat sekolah dengan masyarakat di luar sekolah, agar prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan. (2) pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan. (3) hambatan-hambatan dan pendukung efektifitas pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) MI Falahiyah Kandangan dalam proses belajar mengajar telah lama menggunakan konsep pembelajaran di dalam kelas dengan teknik learning community, kegiatan pembelajaran dilakukan dalam kelompok-kelompok belajar: siswa yang pandai mengajari yang lemah dan yang tahu memberi tahu yang belum tahu. (2) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan dapat dilihat dari tiga bagian, yaitu perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan sistem evaluasi pembelajaran. (3) Hamabatan proses pelaksanaan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan masyarakat belajar (learning community) pada mata pelajaran Fikih di MI Falahiyah Kandangan, yaitu: a) Peserta didik yang kelupaan membawa buku atau tidak mempunyai buku paket karena keterbatasan ekonomi, b) Suasana kelas yang ramai sebelum pembelajaran dimulai, c) Kurangnya ketrampilan pendidik dalam melaksanakan metode pembelajaran, d) Terbatasnya media di sekolah , e) Kemampuan dasar peserta didik dalam baca, tulis al Qur’an masih kurang. Pendukungnya : a) tersedianya Media di Madrasah, b) tersedianya waktu, c) minat dan respon peserta didik, d) kemampuan pendidik, e) kedisiplinan pendidik sebagai sumber belajar yang utama
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Masyarakat Belajar (learning community) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 12:32 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 21:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED Thesis advisor Sa’diyah, Zumrotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/143 |