RHOKIM, AHMAD NURUL (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN ISLAMI PAIKEMI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAI NURUL ULUM GAYAM KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (288kB)
Awalan.pdf
Download (856kB)
Bab I.pdf
Download (487kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (573kB) | Request a copy
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Download (311kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (316kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi metode PAIKEMI yang di alami siswa pada mata pelajaran Penidikan Agama Islam di SMAI Nurul Ulum Gayam kecamatan Gayam kabupaten Bojonegoro. 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi metode PAIKEMI yang di alami siswa pada mata pelajaran Penidikan Agama Islam di SMAI Nurul Ulum Gayam kecamatan Gayam kabupaten Bojonegoro.
Adapun metodologi Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Kualitatif deskriftif, narasumber pada penelitian disini adalah para siswa, guru mapel dan guru-guru yang ada di sekolahan tersebut. Sedangkan dengan teknik pencarian data dalam pengumpulan data di dalam penelitian ini ada tiga cara pertama observasi, Kedua wawancara, Ketiga dokumentasi. Selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif analisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini pada umumnya implementasi PAIKEMI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAI Nurul Ulum Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Hasil implementasi PAIKEMI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAI Nurul Ulum Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro sangat baik, hal ini bisa di lihat dari semangat siswa dan Aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta interaksi antara guru dan siswa, sesama siswa, serta sumber belajar dengan implementasi PAIKEMI berlangsung secara baik, hasil penelitian implementasi PAIKEMI juga terdapat faktor pendukung dan penghambat, adapun faktor pendukung dalam implementasi PAIKEMI ini adealah Guru dan Kepala Sekolah merupakan komponen terpenting dalam terwujudnya implementasi PAIKEMI di SMAI Nurul Ulum Gayam Kecamatan Gayam Bojonegoro, serta penghambat dalam implementasi PAIKEMI di SMAI Nurul Ulum Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro kurangnya buku motivasi belajar, Kurangnya buku tentang PAIKEMI. Kurangnya alat peraga dan peralatan serta sarana prasarana yang kurang mumpuni untuk menunjang keberhasilan metode pembelajaran PAIKEMI.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PAIKEMI, Implementasi Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD NURUL RHOKIM |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 17:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 17:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM UNSPECIFIED Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1420 |