Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Di Mts Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro

UMAM, ARIFUL (2014) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Siswa Di Mts Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Dengan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) ini peserta didik dapat belajar bersama, saling membantu, mengintegrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah mereka miliki, menemukan pemahamannya sendiri lewat eksplorasi dalam diskusi, saling merevisi, menjelaskan dan mempertanyakan gagasan-gagasan yang muncul dalam kelompoknya.
Sesuai dengan latar belakang yang dikemukakan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk; a) Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran fiqih di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro, b) Untuk mengetahui pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro, c) Untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro.
Dengan rumusan masalah sebagai berikut; a) Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro?, b) Bagaimana pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro?, c) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Baitul Muttaqin Tlogoagung Kedungadem Bojonegoro?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan model korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memiliki pengaruh yang baik terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal ini terbukti dari pengisian angket Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) yang dihasilkan dari 52 responden dengan nilai rata-rata (75,6%) pada kategori sangat baik, dan nilai rata-rata angket pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih (7,3) juga tergolong baik. Dan untuk iii

mengetahui dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistic Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,420

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 26 Oct 2021 11:40
Last Modified: 26 Oct 2021 21:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item