STUDI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-FALAH CANGAAN, KANOR, BOJONEGORO

Rohmawati, Fia (2022) STUDI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-FALAH CANGAAN, KANOR, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro, dalam menyampaikan pembelajaran guru masih menggunakan media buku. Dengan demikian menyebabkan pembelajaran yang tidak efektif sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Mind map adalah cara mencatat yang efektif, efisien, kreatif, menarik, dan mudah karena dilakukan dengan cara memetakan pikiran-pikran kita. Sistem yang terpancar (radiant thingking) sehingga dapat mengembangkan ide dan pemikiran ke segala arah dan melihatnya secara utuh dalam berbagai sudut pandang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan media Mind Map pada pembelajaran Al-Quran Hadist, Mengetahui Pelaksanaan media Mind Map pada pembelajaran Al-Quran Hadist, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam studi penggunaan media Mind Map di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk mpenelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan merencanakan penggunaan media mind map pada mata pelajaran Al-Quran Hadist adalah agar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan dan siswa dengan mudah untuk memahami materinya (2) Dengan diterapkannya studi penggunaan media Mind Map pada mata peljaran Al-Quran Hadist Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro ini adalah agar proses belajar mengajar lebih baik dari sebelumnya. Sehingga siswa dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan mengairahkan. (3) faktor pendukung media mind map adalah melatih anak menjadi kreatif, menghemat waktu belajar, memudahkan anak berkonsentrasi faktor penghambat media mind map adalah hanya siswa yang aktif yang dapat terlibat, tidak seluruh murid belajar, jumlah detail informasi tidak dapat dimasukkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Mind Map, Mata Pelajaran Al-Quran Hadist
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fia Rohmawati
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:30
Last Modified: 29 Sep 2022 05:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mamlu'ah, aya
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uddin, Ahmad Muthi'
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item
View Item